Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Okt 2019 19:30 WIB

Tol Balikpapan-Samarinda Dikaji Nyambung ke Ibu Kota Baru

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Istimewa/PT Wijaya Karya Foto: Istimewa/PT Wijaya Karya
Jakarta - Tol Balikpapan-Samarinda sejauh ini adalah jalan bebas hambatan yang paling dekat dengan lokasi ibu kota negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur (Kaltim). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan tinjauan apakah tol perlu tersambung hingga ke IKN.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauan bersama dengan Direktorat Jenderal Bina Marga dan pihak pemrakarsa yaitu PT Waskita Toll Road.

"Kita undang baik dari pemerintah dan Bina Marga juga melakukan review jaringan karena ada ibu kota baru dan dari pemrakarsa, khususnya di Waskita Toll Road juga kita minta me-review lagi," kata dia di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (29/10/2019).



Belum ada keputusan untuk menghubungkan tol tersebut ke lokasi ibu kota baru. Akan dilakukan kajian mengenai layak atau tidaknya hal itu dilakukan.

"Kalau layak akan kita teruskan dengan parameter-parameter baru. Tapi kalau tidak layak nanti kita serahkan lagi ke Pak Menteri (PUPR) strateginya akan seperti apa," jelasnya.

Paling tidak diharapkan dalam waktu yang tidak lama sudah ada hasil kajian, terutama yang dilakukan oleh pihak badan usaha jalan tol (BUJT).

"Sekarang kan ada operator tol yang eksisting, Jasa Marga, mereka juga sedang mengkaji bagaimana dampak dari ibu kota baru. Kemudian pemrakarsa Balikpapan-Samarinda juga melakukan hal yang sama. Jadi kita tunggu dalam waktu yang tidak cukup lama," tambahnya.



Simak Video "Aksi Erick Thohir Benahi BUMN, Rekrut Ahok hingga Chandra Hamzah"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com