Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Nov 2019 23:10 WIB

Masih Ada Kendala di Proyek Pelabuhan Patimban Rp 8 T, Kok Bisa?

Trio Hamdani - detikFinance
Proyek Pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat/Foto: Wijaya Karya Proyek Pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat/Foto: Wijaya Karya
Jakarta - Pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat menelan biaya lebih dari Rp 8 triliun. Fase I proyek ini sudah dimulai sejak Agustus 2018.

Sayang, dalam perjalanannya masih ada kendala. Kendala tersebut terungkap saat Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bertemu Dubes Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii di Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

"Tadi mengenai Patimban, di Patimban masih ada sedikit masalah, minggu depan kita rapatin semua," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (15/11/2019).


Dia menilai ada hal-hal yang masih perlu diperbaiki agar pembangunan proyek tersebut tidak terhambat. Namun, luhut enggan membeberkan kendala apa yang dihadapi pihak Jepang dalam proyek Pelabuhan Patimban.

"Pelabuhan seperti Patimban, mereka (Jepang) ada masih celah-celah perlu perbaikan gitu," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, car terminal bakal beroperasi lebih dulu pada April 2020 sebelum akhirnya pelabuhan Patimban tahap I rampung di akhir tahun.

"Yang kita bisa rencanakan adalah mungkin April pertengahan tahun depan, kita akan mulai melakukan penggunaan pertama dari car terminal. Oleh karenanya saya akan koordinasikan supaya bisa diselesaikan, baru nanti akhir tahun 2020 selesai semuanya," kata Budi dalam keterangan resminya, seperti dikutip Senin (24/6/2019).



Simak Video "Luhut Minta Jokowi Setop Impor Garam 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com