Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Nov 2019 07:47 WIB

Kisah Perancang Jembatan Lengkung Terpanjang di Dunia

Danang Sugianto - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Foto: PT Adhi Karya Foto: PT Adhi Karya
Jakarta - Jembatan lengkung bentang panjang (longspan) di Kuningan pada proyek LRT Jabodebek telah selesai pengerjaan pengecoran dan sepenuhnya tersambung. Long span ini menuai pujian.

Pujian sendiri utarakan oleh Presiden Joko Widodo. Melalui akun instagramnya, Jokowi berbagi cerita akan kebanggaannya terhadap proyek ini.

Jokowi kagum dengan konstruksi long span yang melayang di atas flyover dengan bentuk melengkung sepanjang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter.

Orang nomor 1 di RI itu memuji habis-habisan insinyur yang merancang long span tersebut. Dia adalah seorang wanita yang bernama Arvila Delitriana.

detikcom pun berkesempatan untuk mewawancarai lebih salam sosok wanita yang akrab disapa Dina itu. Dia bercerita mulai dari sempat diremehkan pihak asing hingga rahasia di balik suksesnya dia membangun puluhan jembatan.

Bersyukur, hanya itu kata yang diucapkan Arvilla Delitriana saat ditanya bagaimana rasanya karyanya menuai banjir pujian. Pujian-pujian itu bahkan datang dari para menteri hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Karya yang dimaksud adalah proyek jembatan lengkung bentang panjang (longspan) di Kuningan, Jakarta Selatan pada proyek LRT Jabodebek. Konstruksi longspan ini melayang di atas flyover dan tol dalam kota dengan bentuk melengkung sepanjang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter.

"Alhamdulillah, saya cuma bisa bilang begitu. Karena sebetulnya kalau dilihat dari pencapaian saya saat ini, ya Alhamdulillah saya juga sangat bersyukur. Saya bisa menyelesaikan jembatan ini dengan tahapan-tahapan yang tidak mudah," ujarnya saat berbincang dengan detikcom.

"Sebelumnya pun sudah banyak jembatan saya yang saya desain juga tidak mudah. Cuma mungkin momennya saja, dan lokasinya terlalu jauh, ada di pelosok Riau, kemarin Kalikuto yang di Semarang juga Pak Jokowi meresmikan. Ya tapi mungkin saat ini karena memang di Jakarta," tambah wanita yang akrab disapa Dina itu.

Lanjut ke halaman berikutnya >>> (das/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com