Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 10:36 WIB

Pemerintah Tawarkan 4 Ruas Tol Ini ke Swasta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menawarkan beberapa proyek tol kepada investor. Setidaknya ada empat proyek yang akan ditawarkan dengan skema PPP Project alias KPBU.

Mulai dari proyek tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo, Yogyakarta-Bawen, Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, dan Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar (Maminasata).

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR Reni Ahiantini mengatakan acara hari ini dilakukan untuk menjaring masukan dan minat investor terhadap proyek yang dikerjasamakan.

"Kita berkumpul untuk jaring masukan, tanggapan, dan minat dari investor terhadap proyek yang akan dikerjasamakan," ucap Reni di Auditorium PUPR, Jakarta, Kamis (21/11/2019).



Reni pun menyebutkan rencana investasi proyek yang akan dikerjasamakan. Reni memaparkan untuk jalan tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo investasinya Rp 28,58 triliun, lalu Yogyakarta-Bawen Rp 17,38 triliun.

"Untuk tol yang Gedebage itu nilainya Rp 57,594 triliun dan terakhir proyek Maminasata Rp 9,41 triliun," papar Reni.

Sebagai informasi proyek tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo direncanakan dibangun sepanjang 93,14 km, Yogyakarta-Bawen sepanjang 76,36 km, Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 206,65 km, dan Maminasata sepanjang 48,12 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan bahwa pembangunan jalan tol yang dikerjasamakan ini sangat ditunggu masyarakat dan pasti akan menguntungkan bagi investor. Dia menambahkan, untuk KPBU ini akan diprioritaskan untuk investor swasta nasional.

"Dengan market sounding hari ini kita akan lanjutkan pembangunan jalan tol ini yang sangat ditunggu masyarakat saya yakin ini akan untungkan bapak sekalian. Kami prioritaskan swasta nasional, baru nanti BUMN," ucap Basuki.



Simak Video " Menilik Jalan Tol Pertama di Kalimantan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com