Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 19:00 WIB

LRT Jakarta Diteruskan ke Stadion Baru Persija, Ditarget Kelar 2022

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Moda transportasi Light Rail Transit (LRT) Jakarta fase pertama telah ditetapkan akan beroperasi secara komersial per 1 Desember 2019. Dengan itu pula, pembangunan fase kedua siap dikebut.

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan, pembangunan LRT fase kedua akan dimulai awal tahun depan dan ditargetkan akan selesai tahun 2022 mendatang.

"Fase selanjutnya untuk perpanjangan LRT ini insyaallah akan kita mulai di awal tahun depan. Mudah-mudahan bisa tercapai targetnya di 2022 itu bisa kembali kita duduk sama-sama seperti ini untuk memulai perpanjangan pelayanan akses LRT Jakarta ini," ucapnya di Stasiun LRT Velodrome, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Pembangunan fase kedua ini memiliki 2 tahapan. Tahap IIA akan menghubungkan Stasiun LRT Kelapa Gading dengan Jakarta International Stadium (JIS) atau kandang baru Persija Jakarta. Sedangkan tahap IIB akan menghubungkan Stasiun Velodrom dengan Manggarai.



Iwan menjelaskan pembangunan fase IIA akan memiliki panjang sejauh 8,1 kilometer dengan jarak Kelapa Gading-JIS dan Manggarai-Velodrom akan memiliki panjang lebih dari 6 kilometer.

"Fase IIA panjangnya 8,1 kilometer. IIB untuk Manggarai 6 kilometer sekian lebih," pungkasnya.

Untuk biaya sendiri, Iwan belum mau bicara banyak karena menurutnya saat ini masih dalam studi kelayakan dan penyusunan basic desain. Namun, total anggaran untuk fase IIA diperkirakan mencapai Rp 7 triliun.

"Itu range nya (Rp 7 triliun) fase IIA, tapi belum kita fix kan karena masih jalan basic desainnya. Kalo ngomong ini ini ini tapi ternyata berubah gimana? Kalo fix nya nanti itu Desember akhir," ucapnya.

Seperti diketahui, LRT Jakarta fase pertama memiliki panjang lintasan 5,8 km dan memiliki enam stasiun. Keenam stasiun tersebut adalah Stasiun Velodrome, Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Pegangsaan Dua sekaligus depo. Sehingga jika ditotal lintasan LRT Jakarta seusai pembangunan fase kedua akan menjadi kurang lebih 20 kilometer.



Simak Video "LRT Jakarta Resmi Beroperasi Mulai 1 Desember, Tiketnya Rp 5.000"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com