Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Nov 2019 19:30 WIB

Menyusuri Jalan Akses ke Pelabuhan Patimban yang Dikebut Jokowi

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Anisa Indraini Foto: Anisa Indraini
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mempercepat pembangunan jalan menuju akses pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Pembangunan Pelabuhan Patimban sendiri sudah dimulai pada Agustus 2018 lalu. Guna mendukung proyek strategis nasional tersebut, jalan akses menuju pelabuhan juga sedang dipersiapkan.

Sebelum akses jalan dibuka untuk umum, detikcom bersama rombongan berkesempatan untuk melihat lebih dekat pengembangan jalan tersebut pada Kamis, (28/11/2019).


Perjalanan dimulai dari Kantor Kementerian PUPR, Kebayoran Baru, menggunakan kendaraan Isuzu Elf. Akses jalan pelabuhan Patimban sepanjang 8,2 km memakan waktu hingga sekitar satu jam lamanya.

Di tengah cuaca langit yang terik, rombongan melewati akses menuju pelabuhan Patimban dengan permukaan yang tidak rata. Mengingat jalan yang dilewati adalah tanah merah dengan banyak gundukan yang permukaannya tidak rata.


Lahan kosong dan pembangunan jembatan layang yang nantinya akan dilewati jadi pemandangan utama selama perjalanan. Sesekali tampak padi-padi kering dan warung penduduk dilewati.

Perlu diketahui, tipe konstruksi jalan akses Pelabuhan Patimban sebagian besar akan dibangun dengan jalur melayang atau off grid. Sepanjang 5,9 km jalan akan dibangun di atas tiang dengan menggunakan pile slab, lalu 1,6 km akan dibangun dengan tipe flyover dan sisanya sekitar 700 meter di atas timbunan tanah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, pembangunan akses jalan menuju pelabuhan Patimban ini direncanakan akan selesai pada April 2020 mendatang.

"InsyaAllah April 2020 bisa selesai," ujar Basuki saat meninjau akses jalan pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Kamis (28/11/2019).

Menyusuri Jalan Akses ke Pelabuhan Patimban yang Dikebut Jokowi


Simak Video "SDA Jadi Fokus PUPR Dalam Pembangunan Infrastruktur 2019-2020 "
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com