Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 29 Nov 2019 15:29 WIB

Patimban Jadi Pelabuhan Pusat Ekspor Mobil, Menhub: Bisa Urai Macet

Andhika Prasetia - detikFinance
Foto: Presiden Jokowi meninjau proyek Pelabuhan Patimban didampingi Menhub Budi Karya Sumadi (Andhika-detikcom) Foto: Presiden Jokowi meninjau proyek Pelabuhan Patimban didampingi Menhub Budi Karya Sumadi (Andhika-detikcom)
Jakarta - Usai mendampingi Presiden RI Joko widodo meninjau pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dibangunnya Car Terminal di Pelabuhan Patimban akan memberi banyak kemudahan, dan bisa menjadi pusat eksport produk otomotif Indonesia.

Dengan Car Terminal di Patimban, diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas khususnya untuk ekspor-impor kendaraan di Pelabuhan Tanjung Priok. Selama ini, kendaraan berat termasuk angkutan ekspor-impor kendaraan menyumbang pada kemacetan lalu lintas khususnya ruas antara Bekasi-Tanjung Priok, Jakarta.

Pemerintah berharap dengan beroperasinya Pelabuhan Patimban secara keseluruhan akan dapat mengurangi biaya logistik dengan mendekatkan pusat produksi dengan pelabuhan, memperkuat ketahanan ekonomi.


"Selain itu, diharapkan mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas (ekspor-impor) kendaraan di Tanjung Priok di Jakarta dengan pembagian arus lalu lintas kendaraan, serta menjamin keselamatan pelayaran termasuk area eksplorasi minyak dan gas," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat mendampingi Presiden Jokowi hari ini, Jumat (30/11/2019).

Menurut Budi Karya, Presiden Jokowi sangat mengapresiasi pembangunan Pelabuhan Patimban, yang luasnya mencapai 654 Ha, hampir setara dengan Pelabuhan Tanjung Priok. "Presiden berharap dengan dibangunnya pelabuhan ini, akan meningkatkan kinerja pelabuhan yang lebih kompetitif sehingga dapat menurunkan biaya logistik, dengan demikian tentunya diharapkan eksport juga akan meningkat.


Pelabuhan Patimban rencananya akan dikelola penuh oleh swasta. Hal itu diharapkan akan menciptakan suasana kompetitif yang sehat antar pelabuhan. Kompetisi akan memicu pelabuhan-pelabuhan semakin efisien, sehingga biaya logistik bisa turun.

Patimban Jadi Pelabuhan Pusat Ekspor Mobil, Menhub: Bisa Urai Macet


Simak Video "Pembebasan Lahan Proyek KA Makassar-Parepare Segmen 3 Digeber!"
[Gambas:Video 20detik]
(dkp/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com