Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Des 2019 15:57 WIB

Kapan MRT Nyambung ke Tangsel? Menhub: Tunggu Pendanaan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Tom/dTraveler Foto: Tom/d'Traveler
Jakarta - Moda Raya Terpadu (MRT) disambung sampai Tangerang Selatan (Tangsel). Targetnya, MRT Tangsel bakal mulai dibangun 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sendiri optimis proyek ini bisa berjalan. Masalahnya kini cuma pendanaannya saja. Dia menilai beda dengan MRT Jakarta, kemungkinan pemerintah pusat akan lebih banyak turun tangan soal pendanaan pada MRT Tangsel.

Dia menjelaskan untuk MRT Jakarta, pemerintah pusat dan Pemda DKI patungan setengah-setengah untuk membiayai pendanaan MRT. Pendanaannya sendiri didapatkan lewat pinjaman dari pihak Jepang lewar JICA.

"Ya sangat mungkin. Tapi tinggal pendanaannya saja kan. Kalau yang di Jakarta kan kita sharing dengan Pemda DKI kan 50:50. Jadi kalau sampai Tangsel ya ada kemungkinan pemerintah pusat lebih banyak," jelas Budi Karya ditemui usai menghadiri Raker Kemenhub di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).
Soal pelibatan Pemkot Tangsel, Budi Karya tidak menutup kemungkinan kalau ada dananya. Yang jadi masalah, APBD Tangsel jauh lebih kecil dibanding DKI Jakarta.

"Ya kalau dia (Tangsel) ada dana, ya boleh. Kalau Pemda DKI kan APBD-nya gede. Kalau itu (Tangsel) kan APBD-nya nggak terlalu besar," ucap Budi Karya.

MRT Jakarta Tetap Fokus Utama Budi Karya menyatakan pengembangan MRT Jakarta tetap jadi fokus utama. Pasalnya, proyek ini sudah berjalan jadi kemungkinan akan fokus untuk dioptimalkan pengerjaannya.

"Kita karena partnernya udah ada yang di DKI, ya sudah yang di Jakarta dulu. Baru yang itu (MRT Tangsel) berikutnya," ucap Budi Karya.

Soal progressnya, MRT Tangsel kini sudah hampir selesai studi kelayakannya alias feasibility study (FS). Kini, pihaknya sedang melakukan matching alias pencocokan desain dengan lokasi pembangunan MRT Tangsel. Targetnya, 2022 proyek pembangunannya bakal dimulai.

"Lagi finalisasi FS. Sudah selesai sebenarnya, tinggal kita matching. Mau mulai paling lambat 2022," ucap Budi Karya.

Sebelumnya, rencana perpanjangan MRT sampai Tangsel disampaikan oleh Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ). Bahkan, BPTJ sudah punya daftar rute yang bakal dilalui MRT Tangsel.

Berikut ini urutan rute MRT Jakarta perpanjangan jalur ke Tangerang Selatan yang diusulkan BPTJ:
1. Lebak Bulus
2. Stasiun UMJ
3. Stasiun UIN Syarif Hidayatullah
4. Stasiun Pasar Ciputat
5. Stasiun Pustekkom
6. Stasiun Pondok Cabe
7. Stasiun Pamulang Barat
8. Stasiun Pondok Benda
9. Stasiun Babakan
10. Stasiun Puspitek
11. Stasiun Rawa Buntu
12. Tangerang Kota

Simak Video " MRT Jakarta Jalin Kerja sama dengan Seoul Metro"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com