Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Des 2019 15:52 WIB

Ada LRT Jabodebek, Bekasi Timur-Cawang Bisa 28 Menit

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Proyek LRT Jabodebek terus berjalan. Kereta layang ringan ini ditarget bisa beroperasi Juni 2021. Hingga kini Adhi Karya sebagai kontraktor sedang fokus mengebut konstruksi sistem lintasan rel.

Direktur Pemasaran dan Pengelolaan Properti PT Adhi Commuter Properti (ACP) Hanif Setyo Nugroho mengatakan keberadaan infrastruktur tersebut bakal meningkatkan efisiensi dan koneksi antar wilayah.

Apa lagi, banyak pekerja di Jakarta yang berasal dari kota penyangga seperti Depok dan Bekasi.

"Banyak kemudahan, efisiensi dan penghematan bila kita dapat memanfaatkan gaya hidup urban dengan menggunakan transportasi umum LRT," kata dia belum lama ini.


Menurut perhitungan Hanif, saat ini rute Bekasi Timur ke Cawang bila ditempuh situasi normal membutuhkan waktu sekitar 45 menit, namun saat macet dapat mencapai 2 jam.

Dengan menggunakan LRT berkecepatan rata-rata 60 km/jam, perjalanan dapat ditempuh hanya 28 menit untuk rute Bekasi Timur-Cawang. Artinya ada efisiensi waktu mencapai 1,5 jam atau sekitar 3 jam setiap harinya.

"Konsep penghematan dan efisiensi seperti ini terus kita dorong dan sosialisasikan terutama untuk kalangan milenial pembeli properti pertama," tambah dia.

Sejak Agustus 2019 telah dilakukan dynamic test untuk rute LRT Bekasi Timur-Cawang dengan menggunakan tiga gerbong kereta. Dynamic test merupakan uji pembebanan pada bantalan kereta yang terus dilakukan untuk menjamin jalurnya kuat dan lancar dengan pembebanankereta.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com