Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 06 Des 2019 14:15 WIB

Jokowi Sebut Lampung-Aceh Tersambung Tol 5 tahun lagi

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Suasana Tol Sumatera saat arus mudik (ANTARA) Foto: Suasana Tol Sumatera saat arus mudik (ANTARA)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan jalan tol Trans Sumatera dari Lampung sampai Aceh akan tersambung lima tahun lagi. Hal itu diungkapkannya saat meresmikan pengoperasian pabrik baru poylethylene milik PT Chandra Asri Petrochemical di Cilegon, Banten.

"Kita harapkan dalam waktu 4-5 tahun Lampung sampai Aceh sudah tembus," kata Jokowi, Jumat (6/12/2019).

Jokowi menceritakan, jalan tol Trans Sumatera sudah tersambung dari Lampung hingga Palembang. Sebentar lagi, Eks Gubernur DKI Jakarta akan meresmikan ruas tol Kayu Agung-Palembang.

"Kemarin Lampung-Kaya Agung, ini Kayu Agung-Palembang," jelas dia.



Usai ruas tol Terpeka (Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung), kini tinggal sedikit lagi jalan tol yang bisa memangkas waktu tempuh menuju Palembang.

Beroperasinya ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km akan memangkas waktu tempuh dari Lampung ke Palembang. Dahulu, jarak tersebut ditempuh dalam 10 jam namun kini bisa ditempuh lebih singkat menjadi 3 jam.

Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung atau Terpeka kini melengkapi jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah selesai terbangun lebih dahulu. Ini menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia.



Simak Video "Sedan Tabrak Truk di Lampung, 4 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com