Kapan MRT Tersambung Sampai Tangerang Selatan?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Sabtu, 07 Des 2019 10:15 WIB
MRT Jakarta/Foto: detikcom
Jakarta - Moda transportasi MRT Jakarta dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) nantinya tidak hanya berhenti di Lebak Bulus. Transportasi massal ini akan tersambung hingga Tangerang Selatan (Tangsel).

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengatakan saat ini pihaknya masih fokus untuk mengerjakan jalur di wilayah-wilayah Jakarta, khususnya fase II ke arah utara dan fase III ke arah timur-barat atau dari Kalideres ke Ujung Menteng.

Dia mengaku hingga saat ini belum mendapat penugasan untuk memperpanjang rute MRT hingga ke Tangsel.

"Sampai saat ini belum ada arahan atau penugasan dari pemerintah untuk MRTJ mengerjakan jalur tersebut," kata Wiliam kepada detikcom, Sabtu (7/12/2019).


Wiliam mengungkapkan saat ini pembahasan untuk memperpanjang rute MRT hingga ke Tangsel memang sudah sering dilakukan. Namun, semua itu percuma dilakukan bila keputusan dan penugasan proyek tak diberikan.

"Kalau rapat atau pembicaraan sudah banyak. Yang kita tunggu keputusan atau penugasan. Itu yang nggak ada," katanya.

"Yang sekarang sudah ada jelas penugasannya adalah fase utara-selatan, timur-barat dalam wilayah Jakarta. Jadi kami fokus ke situ dulu," sambungnya.


Lebih lanjut Wiliam menjelaskan, sejatinya MRT Jakarta sebagai BUMD DKI Jakarta, hanya mendapat penugasan yang terbatas di wilayah DKI. Apalagi, kata Wiliam, penugasan di wilayah Jakarta sudah cukup berat dengan mengerjakan pembangunan 230 kilometer (km) sampai 2030.

Meski begitu, Wiliam mengaku tetap siap bila MRT Jakarta diberi penugasan untuk memperpanjang pembangunan hingga ke Tangsel.

"MRT Jakarta bisa diberi penugasan oleh pemerintah. Penugasan itu yang belum ada sampai sekarang," katanya.

Simak Video "Akibat Corona, Proyek MRT Bundaran HI-Harmoni Molor"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)