Apa Kabar Rencana Sinarmas Ikut Bangun MRT ke Tangsel?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Sabtu, 07 Des 2019 17:30 WIB
Foto: Dok. Wikipedia/ Vulphere
Jakarta - Perpanjangan jalur Moda Raya Terpadu (MRT) hingga ke wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) masih wacana. Salah satu hal yang dipertimbangkan ialah soal pendanaan proyek tersebut.

Soal pendanaan, salah satu investor swasta pernah menyatakan minat untuk proyek tersebut. Mereka ialah PT Sinar Mas Land. Bagaimana kelanjutannya?

Direktur Utama MRT Jakarta Wiliam Sabandar mengatakan, saat ini belum ada pembicaraan dengan pihak Sinar Mas Land terkait rencana tersebut. Dia bilang, belum ada kelanjutan dari rencana tersebut.

"Sampai sekarang nggak. Belum ada kelanjutan," kata Wiliam kepada detikcom, Sabtu (7/12/2019).



Untuk nilai investasinya sendiri, Wiliam masih belum bisa memperkirakan bila rute diperpanjang hingga ke Tangsel. Wiliam mengatakan, investasi tergantung dari panjang hingga konstruksi yang akan digunakan.

"Itu belum bisa saya perkirakan. Tergantung rute, panjang, dan jenis konstruksinya," katanya.

Sebelumnya, pihak PT Sinar Mas Land Dhonie mengatakan masih menunggu diskusi antara dua pemerintah daerah yang wilayahnya dilalui oleh jalur moda tersebut dan otoritas terkait. Sampai saat ini, menurut Sinar Mas Land, belum ada kepastian rute yang dilewati untuk perpanjangan ke Tangerang Selatan.

"Kalau wilayahnya kan ada beberapa titik alternatif ya. Kalau hanya wilayahnya di satu titik, cukup salah satu Pemda. Tapi kalau dua atau lebih ini bisa harus sampai ke Gubernur," ungkap Managing Director PT Sinar Mas Land Dhonie Rahajoe beberapa waktu lalu.



Simak Video "Akibat Corona, Proyek MRT Bundaran HI-Harmoni Molor"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/eds)