Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Des 2019 08:08 WIB

Lewat Tol Layang Japek, Bayarnya di Mana?

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Soraya Novika Foto: Soraya Novika
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau Tol Layang Japek bisa dioperasikan pada tanggal 20 Desember 2019.

"Tadi kita sudah coba gunakan tol elevated ini. Jadi kita sepakat bahwa tanggal 20 Desember tol elevated mulai bisa dipakai," katanya saat meninjau kesiapan Tol Layang Japek di KM 28 Tol Layang Japek, Minggu (8/12/2019).

Saat ini sendiri proses pembangunannya mencapai 99,98%. Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menyebut sampai saat ini masih ada beberapa titik yang belum selesai. Khususnya untuk sambungan jalan (expansion joint) yang belum merata.

Awalnya tol Layang Japek ini diperkirakan akan dioperasikan pada 15 Desember 2019. Namun demi kenyamanan pengguna jalan maka pengoperasian diundur beberapa hari.

"Tol Japek elevated secara fisik dan kekuatan sudah siap tapi tinggal kenyamanannya yang masih tidak sesuai harapan. Smooth sekali tidak mungkin karena setiap 180 meter itu memang ada sambungan expansion joint, tapi tidak boleh juga loncat. Ini yang sekarang terus menerus sedang kita sempurnakan," ujar Desi.

Desi mengatakan tol Layang Japek hanya bisa digunakan oleh kendaraan golongan I non bis dan non truk.

"Di elevated ini tidak diizinkan kendaraan besar. Jadi hanya kendaraan golongan I non bis dan non truk kecil," kata Desi di KM 28 Tol Layang Japek, Minggu (8/12/2019).

Kendaraan golongan I yang dimaksud sesuai dengan aturan Badan Pengatur Jalan Tol mencakup Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, Bus, termasuk Minibus macam MPV. Artinya jika non bus dan non truk kecil, maka tol layang ini hanya bisa dilewati kendaraan pribadi.

Apa alasannya?
Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com