Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 11 Des 2019 11:42 WIB

Jokowi Buka Tol Jakarta-Cikampek Layang Besok

Soraya Novika - detikFinance
Foto: Soraya Novika Foto: Soraya Novika
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek (Japek II) siap diresmikan per 12 Desember 2019. Pengerjaan ruas tol sepanjang 36,4 km ini sudah memasuki tahap akhir seperti menghaluskan bagian sambungan jembatan atau expansion joint dan melengkapi rambu/markas jalan.

Basuki menjelaskan ada 26 expansion joint yang akan dihaluskan, sementara penyelesaiannya tinggal untuk menambah kenyamanan. Dia mengaku sudah menjajal tol tersebut hingga kecepatan 80 km/jam dan bisa dilalui dengan nyaman dan aman.

"Insyaallah besok sore bisa selesai, karena ada 20 tim yang siap bekerja. Sehingga kalau Bapak Presiden ingin meresmikan tanggal 12 Desember 2019 sudah siap," ujar Menteri Basuki dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Rabu (11/12/2019).

Menurut Basuki, usai diresmikan Presiden Jokowi nanti, jalan tol tersebut baru bisa digunakan publik sekitar 2-3 hari kemudian untuk memastikan kesiapan kebersihan dan kelengkapan rambu jalan.

"Diusahakan lebih cepat lebih baik, tapi sebelum tanggal 20 Desember 2019 dipastikan sudah bisa dipakai untuk umum tanpa tarif hingga Libur Tahun Baru 2020," katanya.



Menteri Basuki mengatakan, meski dari aspek struktur Jalan Tol Japek II mampu untuk menahan kendaraan bertonase besar, namun akan tetap dilakukan pembatasan kendaraan di mana yang boleh melintas hanya kendaraan bertonase ringan yakni kendaraan Golongan I dan II.

Hal ini terkait manajemen lalu lintas untuk menghindari terjadinya kemacetan akibat perlambatan kendaraan bertonase besar saat menanjak masuk jalan tol layang.

"Untuk itu akan dipasang portal batas ketinggian sehingga kendaraan bertonase besar tidak bisa masuk, dan akan dilengkapi 113 kamera yang dipasang oleh PT. Jasa Marga untuk keamanan," imbuhnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mantap! Tol Japek Gratis Selama Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com