Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Des 2019 10:50 WIB

Tol Japek Layang Meliuk-liuk dan Bergelombang, Aman Nggak Ya?

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Japek II Elevated siang ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo. Dengan begitu tol sepanjang 36,4 km ini akan bisa dipakai saat Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sebelum diresmikan, Japek II Elevated ramai diperbincangkan. Bukan karena hendak diresmikan, tapi karena tampak permukaan jalan tol yang meliuk-liuk dan bergelombang.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor proyek Tol Layang Japek pun buka suara. Perusahaan memberikan penjelasan tentang kriteria desain yang menjadi acuan konstruksi yang dibangun dan dipastikan aman untuk dilalui.

"Kriteria desainnya direncanakan untuk kecepatan kendaraan maksimal 80 km per jam, dengan jarak pandang 110 meter yang dituangkan dalam parameter alignment vertikal dan horizontal yang mengadopsi standar ukuran jari-jari tikungan, panjang lengkung, kelandaian maksimum dan lain-lain yang sifatnya teknis" jelas Fathur Rozaq Project Manager Japek II Elevated PT Waskita Karya dalam keterangan resmi, Kamis (12/11/2019).



Fathur menekankan bahwa Tol Layang Japek telah melalui uji beban dan uji laik fungsi. Sehingga jalan tol Japek Elevated ini sudah dapat difungsikan untuk natal dan tahun baru 2019.

Dia juga menjelaskan, semua jembatan didesain ada expansion joint (sambungan siar muai) setiap 180 meter. Expansion joint tersebut didesain untuk tahan gempa.

Terkait pemberitaan foto di sejumlah media sosial yang menampilkan konstruksi jembatan, Japek II Elevated yang meliuk-liuk, Fatkhur Rozaq memastikan bahwa kenyataan di lapangan tidak seperti yang diberitakan dalam foto.

"Foto yang beredar di media sosial adalah tidak benar, kami sudah melakukan pengecekan di lokasi tersebut," tuturnya.



Simak Video "Mantap! Tol Japek Gratis Selama Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com