Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Des 2019 13:08 WIB

Jelang Diresmikan Jokowi, Begini Kondisi Terkini Tol Japek Layang

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Anisa Indraini
Jakarta - Beberapa saat lagi tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau tol Japek Layang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lalu, bagaimana kondisi jalan yang akan digunakan saat libur natal 2019 dan tahun baru 2020 ini?

Menjelang peresmian, detikcom berkesempatan menyusuri tol Japek Layang dari KM 10 hingga KM 38, Kamis (12/12/2019). Dari pantauan, sudah tidak ada lagi pekerja disepanjang jalan tol layang ini.

Sejumlah marka jalan telah terpasang, seperti garis putus-putus dan garis pembatas bahu jalan. Tiang lampu penerangan jalan pun telah terpasang dengan jarak antar-tiang sekitar 150 meter. Sejumlah rambu lalu lintas juga telah terpasang di jalan tol Japek Layang.

Aspal hitam sudah menyelimuti seluruh badan jalan. Perjalanan terasa mulus kala mobil melintas, meskipun terdapat beberapa ekspansion join yang saat dilintasi masih terasa.

Kondisi Terkini Tol Japek LayangKondisi Terkini Tol Japek Layang Foto: Anisa Indraini




Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto mengatakan, ekspansion join pada dasarnya memang tidak akan bisa merata sempurna. Namun pihaknya menyebut telah berupaya semaksimal mungkin agar tol layang ini nyaman saat digunakan.

"(Ekspansion join) sambungan itu memang tidak akan sempurna, tapi kita upayakan semaksimal mungkin dan penyempurnaan itu sudah dilakukan sampai tadi malam," kata dia.

Sugiyartanto menjelaskan bahwa tol layang ini aman digunakan untuk kendaraan dengan kecepatan maksimal 80 km/jam.

"Beberapa kali saya coba kecepatan rata-rata 80 km/jam seperti design speed tidak begitu terasa. Kalau kendaraan kecil tidak begitu maksimal pasti ada, hanya masalah kenyamanan," ungkapnya.

Kondisi Terkini Tol Japek LayangKondisi Terkini Tol Japek Layang Foto: Anisa Indraini




Simak Video "Mantap! Tol Japek Gratis Selama Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com