Tol Japek Layang Beroperasi, Jokowi Harap Tak Ada Macet Lagi

Andhika Prasetia - detikFinance
Kamis, 12 Des 2019 14:10 WIB
Foto: Soraya Novika
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meresmikan tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau tol Japek Layang sepanjang 36,4 kilometer (km). Tol layang terpanjang ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Jokowi mengaku sering mendapat keluhan dari masyarakat yang sering lewat jalan tol Jakarta-Cikampek. Keluhan tersebut mengenai kemacetan. Sebab, ada sekitar 200 ribu kendaraan yang lalu lalang di jalan tol itu.

"Alhamdulillah pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek II elevated sudah rampung dan segera bisa kita manfaatkan," kata Jokowi di jalan tol Japek II, Kamis (12/12/2019).

"Banyak keluhan-keluhan yang masuk kepada saya. Kalau sudah lewat yang namanya Cikampek-Jakarta atau sebaliknya, macetnya bisa berjam-jam," tambahnya.



Dengan beroperasinya tol layang ini, orang nomor satu di Indonesia tersebut berharap persoalan kemacetan bisa terselesaikan.

"Kita harapkan dengan selesainya jakarta cikampek II elevated ini persoalan itu sudah tidak kita dengar lagi. Dan saya berikan penghargaan dan apresiasi dengan selesainya pembangunan tol ini. Karena saya tahu prosesnya sangat rumit," jelasnya.

Jokowi juga menitip kepada Kementerian PUPR dan pengelola jalan tol Jakarta-Cikampek agar tetap membuka dan mengoperasikan tol Jakarta-Cikampek I.

"Alhamdulillah semua lancar dan kita harap ini bisa mengurai kemacetan dan kemacetan yang sering dirasakan oleh masyarakat selama terjebak berjam-jam ini sekarang bisa dihindari dan kita harapkan kemacetan di jalur ini bisa berkurang 30 persen. Ini bisa mengirit BBM," ungkap dia.



Simak Video "Mantap! Tol Japek Gratis Selama Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)