Diresmikan Jokowi, Tol Japek Layang Gratis Sampai Akhir Tahun

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 13 Des 2019 06:23 WIB
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau tol Japek Layang sepanjang 36,4 kilometer (km), Kamis (12/12/2019).

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan jalan tol Jakarta-Cikampek atau Japek Layang II siang hari ini," kata Jokowi di km 38 tol Japek Layang, Kamis (12/12/2019).

Jokowi memastikan bahwa pengoperasian jalan tol Japek Layang gratis hingga tahun baru. Jokowi mengaku keputusan gratis usai bertanya kepada PT Jasa Marga (Persero).

"Ini alhamdulillah jalan tol elevated Jakarta-Cikampek telah selesai dan ini tadi saya sudah bertanya ke pemilik akan digratiskan sampai nanti tahun baru," kata Jokowi.

Untuk diketahui, tol ini berada tepat di atas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) eksisting. Membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500).

Membentang 36 km, tol ini menjadi jalan bebas hambatan dengan struktur layang terpanjang di Indonesia saat ini.

Nantinya ketika jalan tol ini dapat dilintasi, pengguna jalan dari arah Jakarta dapat melintas melalui Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jalan Tol JORR dan Jalan Tol Jagorawi. Kemudian, dapat melanjutkan perjalanan lewat tol Japek II ini untuk menuju Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Untuk arah sebaliknya pengguna jalan dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bandung dapat menggunakan Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang, lanjut melewati tol Japek II menuju Jakarta.

Tarif tolnya belum jelas?
Selanjutnya
Halaman
1 2 3