Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Des 2019 09:48 WIB

China Mau Ikut Garap Infrastruktur Ibu Kota Baru

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: Mardi Rahmat/20 detik
Jakarta - Pemerintah China tertarik ikut menggarap proyek infrastruktur di calon ibu kota baru Indonesia, di Kalimantan Timur. China pede bisa ikut berkontribusi dalam menggarap sejumlah proyek di sana.

Hal tersebut dikatakan oleh Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian saat berbincang dengan detikcom di kantornya, Jalan Mega Kuningan, Jakarta, tengah pekan ini.

"Pemerintah Indonesia telah menyampaikan undangan dan harapan besar agar China bisa berpartisipasi dalam pemindahan ibu kota tersebut," ujarnya.


Dia menyebut ada beberapa proyek infrastruktur yang bisa digarap. Mulai dari transportasi seperti pembangunan jaringan kereta, jalan tol, hingga sektor energi seperti pembangkit listrik.

"Kedua pihak juga bisa mendiskusikan bagaimana meningkatkan konektivitas antara ibukota dengan DKI Jakarta maupun dengan beberapa kota di China.

Dia yakin China bisa berkontribusi aktif dalam rencana pemerintah yang akan dimulai tahun depan tersebut. Diakuinya, China sudah punya pengalaman.


"China mempunyai pengalaman dalam hal pemindahan fungsi non-ibukota. Kami bersedia melakukan kerjasama dengan pihak Indonesia di berbagai bidang antara lain termasuk perancangan, perencanaan dan pembangunan ibukota serta saling berbagi pengalaman." tutur dia.

Terkait kerja sama infrastruktur secara umum, dia juga melihat ada potensi besar untuk dikembangkan.



Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com