Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Des 2019 13:35 WIB

Jokowi Minta Jalan Pertama ke Ibu Kota Baru Dibangun Tahun Depan

Andhika Prasetia - detikFinance
Jokowi Minta Jalan Pertama ke Ibu Kota Baru Dibangun Tahun Depan
Balikpapan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 58,47 km siang ini. Seksi yang diresmikan mencakup seksi 2, 3, dan 4a dari Samboja hingga Simpang Pasir.

Jokowi bilang tol ini akan mendukung akses masuk ke kawasan ibu kota negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur. Dia minta tol ini disambungkan ke jalan akses menuju kawasan IKN yang sudah ditentukan wilayahnya.

"Saya minta 2020 jalan menuju kawasan ibu kota baru sudah mulai disiapkan dan betul-betul tersambung antara tol Balikpapan-Samarinda dan ke kawasan ibu kota yang kita harapkan jadi nilai plus," katanya saat meresmikan tol Balikpapan-Samarinda di Gerbang Tol Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).


"Karena adanya tol ini akan tersambung dua bandara di Samarinda dan Balikpapan," sambungnya.

Tol ini merupakan tol pertama Kalimantan yang juga akan bersinggungan dengan wilayah ibu kota negara (IKN) yang baru. Tol ini diharapkan dapat menjadi sarana dasar pengembangan ibu kota negara baru.

Total panjang jalan tol ini mencapai 99,35 km. Pembangunannya didanai pinjaman dari China dan investasi dari Jasa Marga.

Tol yang dibangun pemerintah adalah seksi 1 dan seksi 5 sepanjang 33,11 km dan ruas investasi mencakup seksi 2, 3, dan 4 sepanjang 66,23 km. Target jumlah kendaraan per harinya sebanyak 9.978 unit.

Biaya investasi pembangunan tol ini sebesar Rp 9,97 triliun dengan masa konsesi 40 tahun, dengan tarif golongan I berdasarkan PPJT sebesar Rp 1.000 per km.



Simak Video "Tiga Keinginan Jokowi Usai Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com