Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Des 2019 08:50 WIB

Persiapan Hutama Karya Jelang Nataru di Ruas Tol Trans Sumatera

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Foto: dok hutama karya
Jakarta - Seminggu menjelang arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) menggelar Apel Siaga Mudik Nataru 2019 guna menjamin kesiapan Jalan Tol Trans Sumatra untuk dilalui pemudik.

Adapun ruas yang disiapkan di antaranya Ruas Tol Bakauheni - Kayu Agung, Ruas Tol Palembang - Indralaya, Ruas Tol Medan - Binjai dan Ruas Tol Pekanbaru - Dumai seksi 1.


Memastikan kesiapan Hutama Karya dalam menyambut pemudik tersebut, Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro memimpin langsung Apel Siaga Mudik Nataru JTTS yang dilaksanakan di halaman Kantor Cabang Tol Bakauheni - Terbanggi Besar Gerbang Tol ITERA Kotabaru.

Melalui arahannya, Aries menyampaikan bahwa tim Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol harus siaga untuk memberikan pelayanan optimal kepada seluruh pengguna jalan.

"Jalan Tol Trans Sumatra yang beroperasi sudah semakin panjang, termasuk dengan diresmikannya Tol Terpeka beberapa bulan lalu maka kami yakin volume kendaraan di JTTS khususnya dari Bakauhehi sampai Kayu Agung pada arus mudik kali ini akan meningkat jika dibandingkan arus mudik lebaran pada bulan juni lalu," tutur Aries dalam keterangan tertulis, Selasa (17/12/2019).

Ia menegaskan bahwa semuanya harus siap. Ia mengatakan akan menurunkan tim untuk siaga selama arus mudik dan arus balik berlangsung khususnya di Gerbang Tol yang rentan akan terjadinya peningkatan volume kendaraan seperti di GT Bakauheni Selatan, GT Natar, GT Kotabaru, dan GT Kayu Agung.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran petugas ruas tol Bakauheni - Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung yang meliputi petugas layanan lalu lintas, layanan transaksi dan pemeliharaan, serta tim dari Patroli Jalan Raya (PJR), dan TNI.

Tak hanya itu, seluruh tim cabang ruas tol yang dioperasikan oleh Hutama Karya di antaranya Ruas Tol JORR - S, Ruas Tol ATP, Ruas Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung, Ruas Tol Palembang - Indralaya, Ruas Tol Medan - Binjai, dan Ruas Tol Pekanbaru - Dumai Seksi 1 juga turut meramaikan kegiatan rutin yang selalu diselenggarakan menjelang arus mudik.

Hingga hari ini, Hutama Karya telah membangun membangun 469,5 km jalan Tol Trans Sumatra, dengan 373 km jalan Tol trans Sumatra yang sudah beroperasi penuh yakni ruas Bakauheni - Terbangi besar 140 km, ruas Terbangi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang 189 km, ruas Medan - Binjai sepanjang 13 km, ruas Palembang - Indralaya sepanjang 22 km, dan ruas fungsional Pekanbaru - Dumai Seksi 1 sepanjang 9 km.

Sedangkan progres tol yang sudah terbangun tapi belum beroperasi adalah ruas Sigli - Banda Aceh sepanjang 14 km, dan ruas Pekanbaru - Dumai sepanjang 87,5 km.

"Pada Arus Mudik Nataru 2019 ini, pemudik sudah dapat melakukan perjalanan dari Lampung hingga Palembang melalui jalan tol sepanjang kurang lebih 362 km dengan 329 km melalui JTTS ruas Tol Bakauheni - Terbanggi Besar hingga Kayu Agung. Di sepanjang ruas tol tersebut kami juga telah menyediakan 13 Tempat Istirahat Sementara (TIS) yang dilengkapi fasilitas: SPBU, Toilet, Parkir, Masjid/Musholla, dan Tempat Makan, dengan 6 Rest Area di Ruas Tol Bakter dan 7 lainnya di Ruas Tol Terpeka," imbuhnya.


Tak hanya itu untuk memastikan ketersediaan informasi bagi para pemudik dan mengimbau agar pemudik selalu berkendara dengan selamat di JTTS, Hutama Karya telah resmi meluncurkan kampanye bertajuk 'Setuju'.

"Setuju merupakan singkatan dari Selamat Sampai Tujuan. Melalui kampanye 'Setuju', para pengemudi bakal dibekali buku saku yang menjadi panduan pengemudi melewati JTTS. Buku saku ini berisikan informasi terkait fasilitas JTTS, peta tol, dan lokasi rest area," jelasnya.

Buku saku ini juga berisikan potensi-potensi di sekitar Gerbang Tol JTTS seperti rumah sakit, penginapan, tempat makan, SPBU, dan lokasi wisata. Informasi tersebut dilengkapi nomor telepon yang hendak dituju.

"Selain itu, buku saku juga berisikan konten 'How To' seperti, gerakan- gerakan untuk menghilangkan penat, senam 5 menit untuk menghilangkan kantuk, dan lain-lain. Informasi juga dilengkapi cara memeriksa kendaraan yang penting dilakukan berkendara jarak jauh," pungkasnya. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com