Ada Tol Layang, Kok Japek Masih Macet? Basuki: Itu Urusan Polisi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sabtu, 21 Des 2019 16:40 WIB
Foto: PT Honda Prospect Motor
Jakarta - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bicara soal kemacetan di tol Jakarta-Cikampek. Meski bagian tol layangnya sudah dibuka, diketahui tol Japek masih juga macet panjang.

Basuki sendiri menilai soal kemacetan bukan lagi urusan pihaknya. Dia menyerahkan semua urusan soal kemacetan ke Korlantas Polri.

"Kalau macet itu urusan polisi, urusan pak korlantas kan traffic manajement. Katanya dibuka satu jalur kan," ucap Basuki usai hadiri acara Penganugerahan Revolusi Mental di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Sabtu (21/12/2019).


Dia menyatakan tugas Kementerian PUPR hanya memastikan keamanan konstruksi dan struktur jalannya saja, terkhusus tol Japek layang yang baru saja dibuka. Dia menyatakan semua aspek konstruksi sudah aman.

"Kan udah aman ya, sudah uji laik fungsi uji beban. Sudah aman," ungkap Basuki.


Sebelumnya kemacrtan panjang terjadi di tol Jalek. Bahkan, kemacetan ini membuat tol layang Jakarta arah Cikampek sempat ditutup karena ada mobil yang mengalami gangguan hingga membuat macet. Kini ruas tol layang kembali dibuka.

"Tol Jakarta-Cikampek ll Elevated lalu lintas normal, semua jalur dapat dilintasi," tulis Jasa Marga lewat akun Twitter-nya, pukul 14.16 WIB tadi.

Kemacetan juga terjadi di ruas tol Halim-Jatiwaringin, kemudian macet lagi di Cikarang Pusat jalur bawah hingga Karawang Barat. Kemacetan di dua titik itu disebabkan volume kendaraan.

Simak Video "Segera Hadir Penghubung Jalan Baru di Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)