Duh! Sudah Dibangun Bertingkat, Tol Jakarta-Cikampek Tetap Macet

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 22 Des 2019 06:20 WIB
Foto: Gusti Ramadhan Alhaki
Jakarta - Kepadatan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sudah mulai terlihat pada H-5 Natal 2019. Kepadatan tak terhindarkan meski tol Japek kini punya jalur bertingkat yang baru saja dibuka pada pekan lalu.

Atas diskresi Kepolisian, rekayasa lalu lintas contraflow bahkan sempat diberlakukan sejak pukul 08.20 WIB, mulai dari Km 47 s.d. Km 53 dan kemudian diperpanjang hingga Km 61.

Akses masuk menuju Jalan Tol Japek II elevated dari arah Cawang bahkan sempat ditutup sementara oleh Kepolisian pada pukul 12.00-12.10 WIB (selama 10 menit) dan pukul 13.30-13.50 WIB (selama 20 menit).


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono angkat bicara soal kemacetan di tol Jakarta-Cikampek. Menurutnya, kemacetan yang terjadi telah menjadi ranah kepolisian terkait manajemen lalu lintas.

"Kalau macet itu urusan polisi, urusan pak korlantas kan traffic manajement. Katanya dibuka satu jalur kan," ucap Basuki usai hadiri acara Penganugerahan Revolusi Mental di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Sabtu (21/12/2019).

Dia menyatakan tugas Kementerian PUPR hanya memastikan keamanan konstruksi dan struktur jalannya saja. Untuk tol Japek layang yang baru saja dibuka, dia menyatakan semua aspek konstruksi sudah aman.

"Kan udah aman ya, sudah uji laik fungsi uji beban. Sudah aman," ungkap Basuki.



Simak Video "Tol Cikampek Macet, Pengendara Mobil Istirahat di Bahu Jalan"
[Gambas:Video 20detik]