Basuki Janji Tol Japek Layang Bakal Lebih Nyaman Dilalui saat Lebaran

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 23 Des 2019 17:32 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai masih ada pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan di Tol Jakarta-Cikampek II atau Tol Layang Japek, yaitu expansion joint atau sambungan siar yang bikin pengguna tol tak nyaman.

Expansion joint ini membuat kendaraan yang melintas merasakan efek guncangan yang cukup keras, dan jumlahnya tidak sedikit di sepanjang 36 km Tol Layang Japek. Untuk itu dirinya mengatakan akan memperhalus bagian expansion joint tersebut sehingga meminimalisir efek guncangan.

"Kalau saya kan di konstruksinya, di expansion joint-nya. Itu akan di-smoothing saja," kata Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Ada kemungkinan nantinya expansion joint ditutup dengan aspal sehingga renggangan yang menimbulkan guncangan pada kendaraan bisa diatasi.

"Ditutup aspal ya mungkin, jadi akan lebih apa, kan (guncangan kendaraan) gredek, gredek, gredek, mungkin terlalu keras. Nanti akan kita coba (haluskan), kalau dari PU hanya itu," jelasnya.


Proses pengerjaan tersebut targetnya dilakukan setelah libur Nataru. Yang jelas saat mudik Lebaran tahun depan itu sudah beres.

"Ini setelah apa (Nataru?) iya, sebelum Lebaran nanti," sebutnya.

Sementara dari sisi konstruksi, dirinya menjamin tidak ada masalah di Tol Layang Japek.

"Kalau konstruksinya aman, ya, nggak ada masalah saya jamin, sudah kita tes semua," tambahnya.



Simak Video "Kakorlantas Buka Suara soal Polisi Diduga Aniaya Pengendara di Tol Japek"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)