117 Ribu Kendaraan Lewat, Jasa Marga Klaim Japek Layang Efektif

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 25 Des 2019 13:13 WIB
Foto: Agung Pambudhy

"Pada hari Jumat ini, lalu lintas dirasa lebih lancar dibandingkan hari lainnya dikarenakan waktu kedatangan kendaraan yang menyebar dan tidak pada satu rentang waktu yang bersamaan, berbeda dengan saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way arus mudik pada hari Sabtu (21/12/2019)," tuturnya.

Selain itu, dari sisi pengukuran kecepatan untuk segmen Cikunir sampai dengan Karawang Barat pada periode 20-23 Desember 2019, terjadi peningkatan kecepatan arah Cikampek bagi pengguna Jalan Tol Japek II Elevated, yaitu mencapai 62 Km/jam dibandingkan Jalan Tol Japek eksisting mencapai 58 Km/jam.

Secara umum, beberapa aspek yang menjadi evaluasi, yaitu terjadinya antrean jelang pertemuan arus lalu lintas Jalan Tol Japek dan Tol Japek Layang di KM 48, serta kepadatan pengguna jalan yang akan menggunakan rest area setelah melalui Jalan Tol Japek Layang yaitu di Rest Area Km 50 dan Km 57.

Untuk mencairkan kepadatan akibat pertemuan lalu lintas tersebut, Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow Km 47 sampai Km 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sebagai penambahan kapasitas lajur.


Perlu antisipasi bagi pengguna jalan untuk mempersiapkan diri dan kendaraan sebelum menggunakan jalan tol layang terpanjang ini dikarenakan ketiadaan rest area. Salah satunya yang paling penting adalah memastikan kecukupan BBM karena kehabisan BBM cukup sering terjadi di Jalan Tol Japek II Elevated selama periode mudik Natal 2019.

"Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik Anda. Untuk monitor kondisi lalin di jalan tol selama periode libur akhir tahun, dapat mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga," imbaunya.
Halaman

(zlf/zlf)