Kaleidoskop 2019

Kontroversi Tol Japek Layang, Proyek Molor hingga Macet Panjang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 26 Des 2019 21:30 WIB
Penampakan Jalan Tol Japek Layang (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Tol Jakarta-Cikampek II alias tol Japek Layang menjadi salah satu proyek infrastruktur yang jadi sorotan selama 2019. Meski kini sudah dibuka dan bisa dilewati, sejak masa pembangunan tol ini sudah banyak menyita perhatian, salah satunya karena pembangunannya molor dari target.

Sedianya, jalan tol layang sepanjang 36 km ini bisa dibuka dan difungsikan pada Mei 2019 atau bertepatan dengan pelaksanaan mudik lebaran. Namun, pembukaannya diundur karena dinyatakan belum siap.

Salah satu hal yang menjadi tantangan dalam pembangunan tol ini adalah proyek yang berada di tol eksisting dan setiap hari digunakan. Bukan hanya itu, tol ini juga bersinggung dengan beberapa proyek lain seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan light rail transit (LRT) Jabodebek.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sendiri menegaskan bahwa konstruksi tol layang Jakarta Cikampek pasti mundur dari target. Pasalnya, konstruksi tol dinilai tidak siap difungsionalkan saat lebaran.

"Nggak, dipastikan belum bisa, dan saya tidak terlalu ngotot karena saya lihat risikonya terlalu tinggi kalau untuk digunakan apalagi hujan. Kan kalau hujan lewat kan ngeri, jadi mending kita safety first," ujar Basuki di kompleks kantornya, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Basuki menilai kesempatan untuk selesai Lebaran memang sangat kecil. "Itu sangat kecil dan pasti tidak bisa," tambahnya.

Waktu berlalu pekerjaan tol pun terus berlanjut, hingga akhirnya jalan tol layang yang dibangun sejak 2017 ini selesai. Menyentuh akhir tahun, pemerintah telah menetapkan bahwa jalan tol bakal dibuka di bulan Desember, alias bertepatan dengan libur natal dan tahun baru.

12 Desember 2019, dipilih menjadi tanggal cantik untuk peresmian jalan tol layang terpanjang di Indonesia ini. Presiden Joko Widodo pun ikut serta dalam peresmiannya. Dalam peresmian, Jokowi juga menegaskan bahwa jalan tol ini akan dibuka gratis untuk sementara waktu, setidaknya sampai libur nataru usai.

"Ini alhamdulillah jalan tol elevated Jakarta-Cikampek telah selesai. Dan ini tadi saya sudah bertanya ke pemilik akan digratiskan sampai nanti tahun baru," kata Jokowi di tol Japek Layang, Kamis (12/12/2019).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Segera Hadir Penghubung Jalan Baru di Aceh"
[Gambas:Video 20detik]