Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 28 Des 2019 19:00 WIB

Terminal 4 Beroperasi 2024, Soetta Mampu Tampung 100 Juta Penumpang

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bakal menambah kapasitas Bandara Soetta secara keseluruhan. Untuk terminal 4 sendiri saja, kapasitas akan bertambah sekitar 40 juta.

Jika digabung dengan Terminal 1, 2, dan 3, maka Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan memiliki kapasitas hingga 100 juta penumpang per tahunnya.

"Saat ini disiapkan terminal 4 untuk penerbangan domestik dan internasional dan bisa mengakomodir hingga 40 juta penumpang. Namun sudah barang tentu kami akan mengajukan kembali berdasarkan masukan yang ada. Akan ada banyak FGD, dan pleno, mana nanti usulan yang diterima dan mana yang dikompromikan," ujar perwakilan KSO Karya Bersama Nusantara, Tommy Soetomo dalam keterangannya yang dikutip detikcom, Jakarta, Sabtu (28/12/2019).



Saat ini PT AP II (Persero) dengan KSO Karya Bersama Nusantara baru memulai perancangan desain pembangunan terminal 4. Perancangan dilakukan selama 18 bulan dan mencakup desain perencanaan teknis, struktur pembiayaan/financing dan desain penataan keseluruhan operasional.

Perumusan desain terminal 4 juga mengakomodir masukan dari berbagai stakeholder seperti misalnya regulator, maskapai, dan pihak pendukung operasional bandara lainnya melalui sejumlah kegiatan misalnya focus group discussion (FGD).

FGD yang digelar tanggal 27 Desember 2019 tersebut bertajuk NEXT Terminal of Airport 4.0 menghadirkan perwakilan KSO Karya Bersama Nusantara, Aeroports de Paris (ADP), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Ikatan Ahli Bandar Udara Indonesia (IABI), Kementerian Perhubungan, maskapai, dan stakeholder lainnya.

Tommy mengatakan FGD akan banyak digelar guna menampung saran dari seluruh stakeholder terkait dengan perumusan desain Terminal 4.

"Yang jelas terminal penumpang pesawat harus mengutamakan flow penumpang. Apabila flow penumpang lancar maka akan berdampak baik bagi sisi komersial dan operasional," katanya.

Terminal 4 seluas 400.000 meter persegi diproyeksikan mampu melayani hingga 40 juta penumpang per tahun. Adapun terminal 1 dan 2 nantinya setelah revitalisasi masing-masing akan memiliki kapasitas hingga 20 juta penumpang per tahun. Sementara itu, Terminal 3 berkapasitas 25 juta penumpang per tahun.



Simak Video "Penampakan Bandara Soetta yang Sepi Usai Penerbangan Dibuka"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com