Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 28 Des 2019 23:05 WIB

Kereta Bandara Baru Yogyakarta Ditargetkan Operasi Desember 2020

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Bandara Internasional Yogyakarta/Foto: Pradito Rida Pertana
Yogyakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan pembangunan fisik Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) di Kulon Progo rampung tahun depan. Kendati demikian, jalur Kereta Bandara yang langsung masuk ke bandara diperkirakan baru rampung Desember 2020.

"Dari bangunan (YIA) pasti selesai, critical point-nya di antar modanya yang harus kita support, kalau bangunannya akan selesai," kata Budi Karya saat ditemui di Stasiun Yogyakarta, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Sabtu (28/12/2019) sore.

Menurutnya, menjelang selesainya pembangunan YIA akan dibarengi dengan pemindahan penerbangan domestik dari Bandara Adi Sucipto ke YIA bulan Maret tahun depan. Meski penerbangan pindah, Budi menyebut Bandara Adi Sucipto (ADS) tetap beroperasi.

"Dan semua pesawat jet akan dipindahkan ke YIA. Jadi yang di ADS hanya yang (pesawat) propeller (baling-baling)," ucapnya.


Selain pemindahan penerbangan ke YIA, nantinya juga akan dilakukan penambahan moda transportasi ke YIA, khususnya Kereta. Budi menargetkan kereta yang langsung menuju YIA rampung tahun depan.

"Yang di sini (Kereta Bandara) kira-kira Desember 2020," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT. Kereta Api Persero, Edi Sukmoro, mengaku belum ada pembahasan khusus terkait jalur Keret Api yang langsung masuk ke YIA.

"Tadi dengan pak Menteri (Menhub) hanya membicarakan persiapan kalau bulan Maret penerbangan pindah ke YIA semua. Maka angkutan untuk penumpang itu, lanjutannya harus kita gotong bersama-sama," ujarnya.



Simak Video "KA Bandara Adi Soemarmo Beroperasi, Gratis Selama 2 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com