Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Des 2019 13:00 WIB

Kaleidoskop 2019

Lika-liku Pembangunan Jembatan Kebanggaan Jokowi di Papua

Soraya Novika - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian PUPR

3. Terkendala Masalah Ganti Rugi Lahan

Akan tetapi, saat telah rampung dikerjakan, proyek yang menghabiskan lebih kurang dana pembangunan hingga Rp 1,5 triliun ini kembali menghadapi kendala lainnya yaitu molornya ikrar peresmian jembatan tersebut.

Hal itu dikarenakan, pengoperasian jembatan yang menghubungkan Hamadi dan Holtekamp ini masih terkendala masalah izin lahan.

Menurut Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, permasalahan lahan ini merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Jayapura. Mereka diharapkan bisa segera menyelesaikan persoalan ini.

"Kita harapkan Pemprov dan Pemkot segera bisa menyelesaikan sengketa lahan. Karena ini kan sudah jadwalnya ya, harusnya ini kan Agustus-September sudah bisa selesai," kata Endra kepada detikFinance, Sabtu (31/8/2019).

Endra menjelaskan, ada sebagian lahan di jalan akses yang belum dibayar ganti ruginya ke masyarakat. Hal itu, kata Endra, menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Jayapura.

"Jalan akses itu bukannya belum selesai, tapi ada sebagian yang belum diselesaikan pembayaran tanahnya. Itu tanggung jawab Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota, Jayapura. Itu komitmen daerah untuk menyelesaikan," jelasnya.

Lebih lanjut Endra mengatakan, sejatinya konstruksi Jembatan Holtekamp sudah selesai dikerjakan, bahkan sudah bisa digunakan. Karena itu, peresmian hanya tinggal menunggu penyelesaian pembayaran lahan.

"Konstruksi sudah selesai, itu jembatan sudah bisa digunakan. Cuma ada pembayaran tanah, saya lupa berapa banyak bidangnya, tapi itu kira-kira Rp 26 miliar," katanya.

Akhirnya, masalah lahan dapat diselesaikan setelah Pemerintah Kota Jayapura turut menyumbangkan APBD-nya untuk mendanai biaya ganti rugi pembebasan lahan tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5


Simak Video "Niat Selfie, Pemuda Tewas Terjatuh dari Jembatan Youtefa"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com