Tersambung KA, Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo Cuma 19 Menit

Ragil Ajiyanto - detikFinance
Minggu, 29 Des 2019 20:30 WIB
Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Tinjau Pengoperasian KA Bandara Solo (Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali - Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo, resmi dioperasionalkan setelah diluncurkan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Selama dua bulan ke depan, tiket KA bandara tersebut masih digratiskan untuk masyarakat.

"Digratiskan dua bulan," kata Direktur Utama PT KAI, Eddy Sukmoro, kepada para wartawan ditemui usai soft launching KA bandara di bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Minggu (29/12/2019).

Meski masih gratis, jelas dia, namun masyarakat yang akan menumpang KA tersebut tetap harus membawa tiket. Tiket tersebut bisa didapat di loket yang ada di stasiun Solo Balapan maupun Bandara Adi Soemarmo.


KA Bandara tersebut dengan rute stasiun Solo Balapan ke stasiun Bandara Adi Soemarmo, Boyolali sepanjang 13,5 kilometer. Waktu tempuhnya sekitar 19 menit. Menurut Edi, KA bandara tersebut memiliki kapasitas penumpang mencapai 300 orang. Baik duduk dan berdiri.

Lantas, berapa nanti harga tiketnya nanti?

"Belum ada perkiraan. Karena kita perlu menghitung semuanya dulu. Karena ini gabungan antara Angkasa Pura I dan KAI. Pokoknya sesuatu mungkin tiketnya terjangkau, jangan sampai memberatkan," ujarnya.

Selama tiket masih gratis, pihaknya juga akan terus merumuskan untuk menentukan tarifnya dan disesuaikan dengan kemampuan masyarakat. Sehingga tiket KA tersebut nantinya harus terjangkau masyarakat. Hal ini juga sekaligus untuk mengantisipasi agar KA bandara Adi Soemarmo tidak sepi penumpang.

Menurut dia, PT KAI menyiapkan dua rangkaian kereta api bandara adi soemarmo ini. Namun pihaknya juga mengupayakan untuk ditambah.

"Yang kita siapkan dua kereta. Kita sedang upayakan kalau bisa tambah, frekuensinya bisa lebih banyak dan Pak Menteri (Menhub) meminta kita memikirkan yang berangkat dari sini menuju ke Jogja. Karena yang ke Jogja mungkin banyak," imbuh dia.


Untuk KA bandara Adi Soemarmo, lanjut dia, dalam sehari akan ada 60 trip. 30 trip dari Solo Balapan ke bandara dan 30 trip untuk rute sebaliknya.

"Tapi ini kita juga masih uji coba. Justru ini mau melakukan uji coba karena ada satu perlintasan yang harus kita awasi betul. Perlintasan Joglo. Itu perlintasan sebidang. Itu harus kita awasi betul frekuensinya kita sesuaikan. Jangan sampai nanti malah mengganggu," tandasnya.

Simak Video "Dalam 20 Hari, Polisi Tangkap 10 Pelaku Curanmor di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)