Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 31 Des 2019 13:12 WIB

Resmikan Bendung Kamijoro, Jokowi: Sangat Indah!

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Presiden Jokowi resmikan Bendung Kamijoro/Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Kulon Progo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendung Kamijoro di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Jokowi meminta masyarakat memanfaatkan Bendung itu untuk meningkatkan sektor ekonomi, pertanian dan pariwisata.

"Alhamdulillah, pembangunan Bendung Kamijoro sudah selesai, dan sudah bisa dimanfaatkan masyarakat," ucap Jokowi dalam sambutannya sebel meresmikan Bendung Kamijoro di Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Selasa (31/12/2019).

Jokowi melanjutkan, keberadaan Bendung tersebut memiliki banyak manfaat positif bagi masyarakat sekitar. Salah satunya untuk pengairan lahan pertanian.

"Bendung ini dibangun di aliran sungai Progo, dan sangat penting untuk ketahanan pangan karena memberi kepastian, memberikan ketersediaan air untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat," kata Jokowi.

Perlu diketahui, pembangunan Bendung Kamijoro dimulai dari tahun 2016-2018 dengan menelan biaya Rp 229 miliar untuk membangun bendung dan saluran irigasi. Sedangkan pada tahun 2018-2019 barulah dimulai pembangunan prasarana air baku yang menghabiskan biaya Rp 24 miliar.


Untuk manfaat dari Bendung Kamijoro sendiri mampu mensuplai air irigasi D.I Pijenan sebesar 2,5 M3 perdetik untuk luas areal sawah 2370 hektare. Lalu menyediakan air baku sebesar 500 liter perdetik untuk bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dan kawasan industri sekitar Bendung tersebut.

"(Bendung Kamijoro dapat) Memberi manfaat irigasi seluas 2370 hektare lahan pertanian di Kabupaten Bantul dan meningkatkan intensitas tanah dari 205 persen jadi 270 persen," katanya.

"Bendung Kamijoro ini juga sangat bermanfaat untuk pekerjaan air baku, baik untuk Bandara YIA juga untuk Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo, juga nantinya mudah-mudahan sampai Kota Yogyakarta," sambung Jokowi.

Jokowi juga mengagumi jembatan penghubung di Bendung Kamijoyo yang menghubungkan wilayah Bantul dan Kulon Progo. Keberadaan jembatan ini memotong jarak sejauh 5 km. Langsung klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Genjot Sektor Pertanian, Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com