Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Jan 2020 13:09 WIB

Tol Terpanjang RI Mau Dikenakan Tarif, Paling Jauh Rp 170.500

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Tol Terpeka/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Tol terpanjang di Indonesia yakni Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) resmi bertarif pada Senin (6/1/2020) pukul 00.00 WIB. Tol sepanjang 189 km itu resmi bertarif menyusul dikeluarkannya Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1194/KPTS/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung tertanggal 20 Desember 2019.

Mengutip keterangan resmi PT Hutama Karya (Persero), Jumat (3/1/2019), tarif terjauh yakni dari SS Terbanggi Besar menuju SS Kayu Agung ialah Rp 170.500 untuk golongan I. Kemudian golongan II dan golongan III tarifnya sama yakni Rp 255.500. Serta, golongan IV dan golongan V yakni Rp 341.000.

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo mengatakan dengan diberlakukannya penerapan tarif ini, pengendara dan pengguna jalan tol diharapkan dapat mematuhi peraturan yang berlaku di ruas Tol Terpeka sepanjang 189 KM serta mempersiapkan diri sebelum memasuki ruas Tol Terpeka.

"Kami menghimbau pengguna jalan dapat memeriksa serta memastikan saldo uang elektronik dalam keadaan cukup sebelum memasuki jalan tol sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan di Gerbang Tol. Kami juga berharap agar pengguna jalan mencari tahu terlebih dahulu informasi tarif tol sesuai dengan tujuannya masing-masing," ujar Bintang.


Seperti diketahui Surat Keputusan Tarif Tol sudah terbit per tanggal 20 Desember 2019. Normalnya, tarif tol diberlakukan satu minggu pasca dikeluarkannya Keputusan Menteri, namun Hutama Karya selaku BUJT sendiri telah memperpanjang masa sosialisasi dan masih menggratiskan Tol Terpeka hingga Minggu (5/1/2020) mendatang.

"Kemarin berdasarkan pertimbangan manajemen, Hutama Karya masih perlu memperpanjang sosialisasi, melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Namun sekarang sudah kami tetapkan resmi berbayar di 6 Januari mendatang," jelas Bintang.

Berikut rincian tarif tol terpanjang di Indonesia:

Tol Terpanjang RI Dikenakan Tarif Rp 170.500Foto: Dok. Hutama Karya


Simak Video "Sedan Tabrak Truk di Lampung, 4 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com