Anies dan Basuki Harus Collabs Kebut Normalisasi Sungai Jakarta

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 09 Jan 2020 07:10 WIB
Anies dan Basuki Harus Collabs Kebut Normalisasi Sungai Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mengebut program normalisasi atau naturalisasi sungai yang melintas di ibu kota. Keduanya harus mau collabs alias berkolaborasi.

Hal itu diungkapkannya saat membuka rapat terbatas (ratas) bersama kepala daerah mengenai banjir di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020).

Turut hadir dalam rapat itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensekneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri LHK Siti Nurbaya, Kepala BNPB Doni Manardo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan beberapa pejabat daerah lainnya.

Anies Baswedan pun langsung merespon perintah orang nomor satu di Indonesia, apa respon Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu?

Awalnya, Jokowi meminta Basuki mempercepat pembangunan Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi yang berada di Jawa Barat.

"Saya minta dipercepat Kementerian PUPR ini Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi, meskipun saya tahu progresnya sudah 47%, pembebasan tanah juga sudah 95% tinggal sisanya saya kira diselesaikan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Arahan Jokowi untuk Basuki juga bekerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mempercepat penyelesaian proyek sodetan yang mengarah ke Banjir Kanal Timur (BKT).


Setelah itu, Jokowi pun meminta program normalisasi atau naturalisasi sungai yang melintas di DKI Jakarta tetap dilakukan. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan bahwa normalisasi atau naturalisasi juga dilakukan di seluruh sungai yang melintasi DKI Jakarta.

"Dan juga pengerjaan-pengerjaan meneruskan kembali baik normalisasi maupun naturalisasi di sungai-sungai yang ada di Jakarta," ujarnya.

Begini respons Anies.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menteri Basuki Hibur Tamu di ITB di Sela Pemberian Doktor Kehormatan"
[Gambas:Video 20detik]