Tol Japek Layang Akan 'Nyambung' dengan Becakayu

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 12 Jan 2020 15:40 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated tidak hanya tersambung dengan Japek yang ada di bawah, tapi juga akan tersambung dengan tol Becakayu. Bagaimana skemanya?

Kabar tentang penyambungan Japek Elevated dengan Becakayu sempat diungkapkan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit beberapa hari yang lalu, tepatnya pada Senin 1 Januari 2020 saat berada di kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020).


Danang menjelaskan, maksudnya tersambung adalah adanya integrasi atau kesatuan tarif antara tol Becakayu dan Tol Japek. Baik tol layangnya maupun tol yang eksisting.

"Sekarang itu integrasinya tidak hanya Japek dan Japek Elevated, tapi juga dengan Becakayu," ujarnya.

Kemungkinannya, dua jalan tol ini akan tersambung dengan melewati simpang susun Cikunir. Dari tol Becakayu keluar melewati off ramp Bintara Jaya menuju jalan akses tol Kalimalang.

Selanjutnya, berputar arah masuk ke Gerbang Tol Kalimalang menuju ke arah simpang susun Cikunir. Kemudian mengambil arah menuju jalan tol Jakarta-Cikampek, lalu masuk ke jalan tol layang yang pintunya tidak jauh dari simpang susun Cikunir.


Dengan adanya penyesuaian ini Danang menyebutkan kemungkinan khusus untuk tarif tol Japek layang akan lebih murah daripada hitungan BPJT yang berdasar pada pengembalian investasi. Sedangkan jalan Japek yang sudah berfungsi di bawahnya tarifnya bakal dinaikkan.

"Integrasinya penyesuaian, jadi antara pengembalian investasi dengan pelayanan masyarakat. Contohnya sekarang seperti Japek Elevated itu kan selisihnya untuk jangka panjang, jauh ya. Itu kan cukup besar, mungkin untuk hitungan BPJT yang satu Rp 15 ribu yang satu Rp 40 ribu. Jadi mungkin yang di Japek itu mengalami kenaikan, yang di Japek Elevated bisa mengalami penurunan," ungkap Danang.

"Sehingga itu bisa balance yang lewat di atas dan yang lewat di bawah," katanya.

Danang mengatakan diusahakan tarif Tol Japek, khususnya Japek Layang bisa selesai dibahas bulan Januari. Pihaknya masih menunggu simulasi tarif yang akan selesai minggu kedua bulan Januari.


Tol Japek Layang Akan 'Nyambung' dengan Becakayu


Simak Video "Mantap! Tol Japek Gratis Selama Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)