Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 15 Jan 2020 12:29 WIB

Jokowi Sebut Ada Transportasi Otomatis di Ibu Kota Baru

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa sistem transportasi massal di ibu kota negara (IKN) baru menggunakan teknologi otomatis atau autonomous vehicle. Sedangkan untuk kendaraan pribadi nantinya menggunakan electric vehicle alias mobil listrik.

Hal itu diungkapkan saat menghadiri acara pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2019-2022, di Hotel Raffles, Jakarta Selatan.

"Kita mau bangun transportasi, di sana transportasi umumnya, transportasi massalnya adalah autonomous, mobil pribadi nanti juga akan otonomous vehicle," kata Jokowi.

Dengan menerapkan sistem transportasi itu, Jokowi bilang nantinya IKN baru Indonesia di kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim menjadi ibu kota pertama di dunia dengan sistem transportasi autonomous.


"Saya juga memiliki mimpi besar agar kita menjadi ibu kota pertama yang transportasi massalnya, transportasi pribadi pakai electric car dan autonomous, sehingga semua murah," jelasnya.

Mantan Wali Kota Solo ini juga mengungkapkan bahwa pemindahan ibu kota bukan sekedar memindahkan gedung pemerintahan ke Kalimantan Timur, melainkan sebagai gagasan baru bagi kultur kerja.

"Saya sampaikan pindah ibu kota itu bukan memindahkan gedung, bukan itu, yang kita gagas itu pemindahan pola kerja, kultur kerja, sehingga yang kita install sistem, jadi orang ikut sistem yang kita kerjakan, orang berfikir memindahkan lokasi, gedung, bukan itu, kita ingin ada pemindahan kultur kerja," katanya.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan pelantikan bagi pengurus Hipmi yang dipimpin oleh Mardani H. Maming. Turut dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.



Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com