Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Jan 2020 16:44 WIB

Bulan Depan Tol Palembang-Kayu Agung Mulai Operasional

Raja Adil Siregar - detikFinance
Tol Kayu Agung-Palembang Foto: Dikhy Sasra
Palembang - Ruas jalan Tol Palembang-Kayu Agung di Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan direncanakan segera beroperasi. Jalan bebas hambatan 33,5 KM itu direncanakan beroperasi di awal Februari mendatang.

Tol yang pernah digunakan fungsional di libur Lebaran 2019 dan Libur Natal serta Tahun Baru 2020 ini dipastikan kini telah selesai untuk konstruksinya. Hanya saja, Tol itu masih dalam pengujian tim Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Menurut Deputi Pembangunan Jalan Tol Palembang-Kayu Agung dari PT Waskita Sriwijaya Tol, Yusuf Rosadi. Tol ini telah dilakukan uji layak operasional dan akan memakan waktu selama 14 hari.

"Konstruksi sudah selesai seluruhnya. Ini tim dari BPJT sedang lakukan uji operasi. Untuk operasi kami menunggu kepastian dari BPJT dan Kementerian PU dan Pera," terang Yusuf saat ditemui di Palembang, Kamis (16/1/2020).


Dalam catatan dan evaluasi selama jalan Tol digunakan fungsional 2019, pihaknya menyebut fungsional Tol berjalan lancar. Bahkan trafik lalulintas cukup tinggi atau rata-rata 17.000 pengguna/hari jalan Tol terhitung dari 20 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

"Kalau untuk kendaraan yang melintas di fungsional kemarin dominasi kendaraan dari Lampung, Sumatera Selatan dan DKI Jakarta. Trafik cukup tinggi, tapi setelah selesai kita lanjut pengerjaan dan sudah siap hari ini," katanya.


Ruas jalan Tol yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera ini sebenarnya telah selesai 99%. Hanya saja pembatas jalan kini tengah dikerjakan untuk finishing.

"Jika dirasa sudah memenuhi syarat dari BPJT, maka ruas jalan Tol ini akan dapat diresmikan dan operasional. Diperkirakan dan target kami memang awal Februari," katanya.

Saat resmi beroperasi, Tol masih tetap dapat dilalui masyarakat umum secara gratis selama 2 pekan. Hal ini berlaku selama proses evaluasi, khususnya di akses Jakabaring-Jejawi yang berada di luar mainroad.


Bulan Depan Tol Palembang-Kayu Agung Mulai Operasional


Simak Video "Bus Rombongan Siswa SMA Tabrak Dua Mobil di Jalan Lintas Padang-Solok"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com