Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 17 Jan 2020 16:11 WIB

Risma Pamer Proyek Antibanjir Surabaya, Ini Daftarnya

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Vadhia Lidyana/Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini
Jakarta - Di awal tahun 2020, banjir melanda di sejumlah wilayah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, hingga Banten. Selain itu, wilayah Jawa Timur tepatnya Kota Surabaya baru saja dilanda banjir.

Infrastruktur antibanjir pun dibangun agar bencana itu tak terulang lagi. Hal ini juga yang dilakukan di Surabaya.

"Kami membuat waduk-waduk yang cukup banyak di Surabaya. Saat ini kurang lebih ada 72 lokasi. Saya mulai dengan tiga, hanya tiga di Surabaya awalnya, saat ini ada 72 lokasi," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam gelaran Indonesia Millennial Summit, di The Tribrata, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).


Selain itu, kata Risma, pompa di titik-titik rawan banjir karena tingginya air juga dioperasikan.

"Kemudian kami juga ada pompa-pompa yang mengendalikan permukaan air sehingga secara alamiah air bisa masuk melalui waduk-waduk tadi. Saya punya kamera yang (2.000 lebih CCTV di Surabaya) pantau pompa saya. Saya bisa liat lewat iPad pompanya dinyalakan atau tidak. Dia bisa langsung lihat rumah pompa saya kondisi saat ini," jelas Risma.

Selain itu, dengan anggaran yang ada, Pemkot Surabaya juga membangun tanggul dari tanah untuk menangkal banjir.

"Sekarang ini luar biasa curah hujan, di Surabaya rata-rata 150-180 meter kubik per detik. Kemudian berikutnya adalah sekitaran pantai karena kami nggak punya uang kalau kemarin saya lihat di Jakarta itu pakai sitepal, kami nggak punya uang jadi saya membuat apa? Tanggul dari tanah. Saya pikir di Belanda saja pakai itu, kenapa saya harus pakai mahal-mahal," paparnya.


Dengan tanggul sederhana itu, menurut Risma, 5 tahun ini di wilayah barat Surabaya tak lagi banjir.

"Saya pakai itu lebarnya kurang lebih 15 meter, tingginya kurang lebih 20 meter. Jadi itu yang dulu kawasan-kawasan Surabaya Barat selalu kena Kali Lamong, 1 tahun bisa 2-3 kali banjir alhamdulillah sudah 5 tahun ini nggak banjir," pungkas dia.

Simak Video "Gaya Risma Pantau Surabaya dari Jakarta Lewat iPad"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com