Sempat Mati, Jalur KA Rangkasbitung-Pandeglang Bakal Dibuka Lagi

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 18 Jan 2020 16:40 WIB
Foto: Pool/Jalur KA Rangkasbitung-Pandeglang Bakal Dibuka Lagi
Tangerang - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuka kembali jalur kereta api (KA) rute Rangkasbitung-Pandeglang. Reaktivasi jalur mati ini akan dimulai dalam waktu dekat dan ditargetkan rampung akhir 2020.

"Pandeglang kita harapkan tambah 18,7 kilometer (km)," kata Budi dalam perjalanan menuju Rangkasbitung dari Stasiun Tiga Raksa, Tangerang, Banten, Sabtu (18/1/2020).

Rencananya, reaktivasi jalur Pandeglang ini akan diteruskan hingga Stasiun Labuan, Kabupaten Pandeglang. Reaktivasi tahap II ini akan dilakukan untuk jalur rel sepanjang 37,9 km.

"Proyek kita yang lain adalah reaktivasi dari Rangkasbitung ke selatan, namanya Labuan. Tapi tahap awal kita buat sampai Pandeglang dulu, dan ini Insyaallah akhir tahun ini selesai," papar Budi.


Budi memaparkan, reaktivasi jalur KA masih dalam tahap penertiban lahan. Pasalnya, jalur yang sudah mati bertahun lamanya ini dijadikan pemukiman liar. Padahal, lahan tersebut adalah milik pemerintah.

"Makanya harus kita tertibkan. Jadi itu semua merupakan aset pemerintah. Mereka menempati secara ilegal," urainya.

Meski begitu, pemerintah akan memberikan uang atau nilai penggantian wajar bangunan pada warga yang huniannya akan digusur.

"Makanya kita akan kasih uang tanda kasihlah untuk meninggalkan tempat itu," tegas Budi.



Simak Video "Ini Perbedaan Masinis KA Lokomotif dan KRL"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)