Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 18 Jan 2020 17:30 WIB

Jalan Panjang Buka Rute KRL Sampai Serang

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Hakim Ghani/Jalan Panjang Buka Rute KRL Sampai Serang
Tangerang - Rencana membuka perjalanan KRL Commuter Line hingga Kota Serang, Banten masih panjang. Saat ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih fokus pada perbaikan jalur kereta api (KA) untuk meningkatkan kecepatan KA lokal atau KRD yang melintas.

"Kita akan meningkatkan kecepatan yang Rangkasbitung ke Merak melalui Serang jadi 70 km/jam. Karena sekarang ini kecepatan cuma 40 km/jam. Kita akan perbaiki konstruksinya dan kita akan jadikan 70 km/jam," kata Budi Karya dalam perjalanan menuju Rangkasbitung dari Stasiun Tiga Raksa, Tangerang, Banten, Sabtu (18/1/2020).

Menurut Budi, untuk membuka perjalanan KRL maka pihaknya harus melihat jumlah perjalanan dari KRD yang akan ditingkatkan nantinya. Perlu diketahui, saat ini, jumlah perjalanan KRD dari Rangkasbitung ke Serang masih di bawah 20 per hari.

"Sekarang ini masih di bawah 20 perjalanan. Jadi kalau 20 perjalanan itu cukup dengan sayu lintasan, tapi lintasan itu bisa dengan kemacetan maksimal 70 km," jelas Budi.


Jika jumlah perjalanan KRD meningkat pesat menjadi lebih dari 50 per hari, maka pihaknya akan membuat jalur KA ter-elektrifikasi untuk KRL.

"Kalau nanti perjalanannya lebih dari 50 maka kita buat elektrifikasi dengan 1 jalur. Nanti Kalau perjalanannya lebih dari 100 maka kita buat elektrifikasi ditambah dua jalur," tegasnya.

Dengan meningkatkan jumlah perjalanan KRD ini, harapannya masyarakat Serang dapat membangkitkan ekonominya dengan baik dan semangat.

"Dengan kemudahan ini, maka sentra ekonomi akan tumbuh dan kota akan tumbuh. Ada datu kepastian, bagi org yang tinggal di sini saya bisa tempuh Jakarta 1 jam. Sehingga membangkitkan ekonomi. Jadi confident tinggal di sini.



Simak Video "Penumpang Menumpuk Gegara KRL Cuma Sampai Manggarai"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com