Cerita Jokowi, Runway 3 Soetta Dibangun Setelah 35 Tahun

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 23 Jan 2020 20:45 WIB
Tekan Tombol Sirine, Jokowi Resmikan Runway 3 Soetta (Foto: Hendra Kusuma/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik pengoperasian runway 3 atau landasan pacu dan east connection taxiway Bandara Soekarno Hatta. Pasalnya, pembangunan tersebut dapat mempercepat laju pesawat usai mendarat.

Khusus east connection taxiway, Jokowi bilang seharusnya pembangunannya dimulai sekitar 35 tahun yang lalu. Sebab, west connection taxiway sudah dibangun tahun 1985.

"Perlu diketahui yang west connection taxiway itu dibangun tahun 1985. Dan setelah itu sampai sekarang yang timurnya baru dibangun sekarang. SUdah berapa tahun itu, 35 tahun baru dibangun," kata Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Kamis (23/1/2020).

"Harusnya kalau westnya sudah dibangun, east-nya juga dibangun sehingga tidak muter," tambahnya.

Sebelum ada east connection taxiway, pergerakan pesawat setelah mendarat bisa mencapai 30 menit. Dengan terbangunnya jalur koneksi ini maka setiap pesawat hanya menghabiskan waktu sekitar 7 menit.

"Semuanya menunggu pesawat muter," jelasnya.

Mantan Wali Kota Solo ini pun berharap empat fasilitas Bandara Soetta yang telah diresmikan dapat meningkatkan pelayanan. Adapun keempat fasilitas itu terminal 3, gedung VIP, runway 3, dan east connection taxiway.

"Kita harapkan semua layanan menjadi lebih baik. Kemudian pengaturan manajemen untuk datang dan pergi, take off dan landing nya juga akan berkapasitas lebih banyak, sehingga ini yang kita harapkan," ungkap dia.



Simak Video " Hari Ini Dalam Sejarah: Palang Merah Indonesia Lahir"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)