Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 23 Jan 2020 21:30 WIB

Jokowi Perintahkan Angkasa Pura II Garap Terminal 4

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan PT Angkasa Pura II (Persero) segera membangun terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Banten. Instruksi itu sebagai antisipasi perlonjakan penumpang pesawat.

Jokowi mengaku instruksi pembangunan terminal 4 pun sudah pernah dilontarkan setahun yang lalu.

"Tadi saya tanyakan lagi karena sudah pernah saya perintahkan setahun yang lalu, untuk membangun segera lagi terminal yang ke-4," kata Jokowi di Bamdara Soetta, Banten, Kamis (23/1/2020).

Dari laporan yang diterimanya, Jokowi menyebut pergerakan penumpang di Bandara Soetta pun semakin pesat. Dia pun tidak ingin tren peningkatan ini menjadi persoalan di kemudian hari.

"Jangan kita menunggu sampai penuh lagi. Sebelum penuh itu harus disiapkan dulu sehingga masyarakat, rakyat terlayani oleh Bandara Soekarno-Hatta ini dan tadi pak Dirut Angkasa Pura II sudah menyampaikan, desain akan segera diselesaikan secepatnya sehingga bisa segera dimulai pembangunannya. Diharapkan 2022 atau paling lambat awal 2023 udah kita punya terminal yang ke-4," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi penambahan beberapa fasilitas di Bandara Soetta akan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Fasilitas tambahan itu seperti terminal 3, runway 3, east connection taxiway, dan gedung VIP.

Dia menjelaskan, manfaat dari dibangunnya landasan pacu ketiga ini mendukung kapasitas atau pergerakan pesawat baik pergi maupun pulang atau take off-landing. Sedangkan east connection taxiway mampu memangkas waktu pesawat menuju apron atau lokasi parkir pesawat.

"Dari yang tadinya 30 menit menjadi 7 menit," kata Budi Karya.

Adapun benefit dari operasi runway dan east connection taxi way, antara lain dikatakan Budi Karya itu pertama meningkatkan safety melalui pemisahan dan take of dan landing. Kedua mengurangi taxi. Ketiga, mengurangi jumlah antrean pesawat dr taxi way di darat dan udara. Keempat, jarak tempuh dari apron menjadi lebih singkat.



Simak Video "Jokowi Resmikan 3 Landas Pacu Bandara Soeta, AirNav Siap Operasikan Ketiganya"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com