Jokowi Ingin Bandara Kulon Progo Beroperasi Maret 2020

Usman Hadi - detikFinance
Jumat, 31 Jan 2020 19:32 WIB
Jokowi resmikan underpass Bandara Internasional Yogyakarta
Foto: Usman Hadi/detikcom
Kulon Progo -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo bisa beroperasi penuh antara Bulan Februari atau Maret 2020. Jokowi menyebut beberapa fasilitas di YIA juga sudah siap.

"Kita harapkan nanti (YIA) bisa kita operasionalkan secara total mungkin nanti kalau nggak Februari, insyallah di Bulan Maret," ujar Jokowi usai meresmikan Underpass YIA Kulon Progo, Jumat (31/1/2020).

Jokowi bercerita bahwa dirinya sudah beberapa kali berkunjung ke YIA Kulon Progo. Berdasarkan laporan yang diterimanya, sejumlah fasilitas di bandara tersebut kini telah siap dan sudah beroperasi.

"Saya melihat fasilitas-fasilitas yang ada, sudah banyak yang siap baik berupa pelayanan navigasi, penerbangan, siap. Kemudian juga pelayanan kesehatan di bandara juga sudah siap, pelayanan untuk pengisian bahan bakar juga siap," jelasnya.


Presiden asal Solo ini yakin keberadaan YIA Kulon Progo akan mendongkrak kunjungan turis asing ke Yogyakarta dan sekitarnya. Sebab slot penerbangan di bandara tersebut akan semakin banyak.

"Saya melihat, yang jelas akan terjadi peningkatan arus turis ke sini, karena slot penerbangan semakin banyak, bisa double, bisa triple karena bandaranya juga sangat besar sekali," sebutnya.

"Sehingga ada pilihan-pilihan bagi penerbangan jarak jauh untuk turun langsung di Yogyakarta. Karena dulu (di Bandara Adisutjipto) sudah penuh, nggak bisa tambah slot untuk penerbangan baru," lanjutnya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjelaskan YIA Kulon Progo rencananya akan beroperasi penuh pada 29 Maret 2020. Saat beroperasi penuh seluruh penebangan di Bandara Adisutjipto akan dialihkan ke YIA Kulon Progo.

"Kulon Progo, YIA akan kita operasikan tanggal 29 Maret (2020). Pada saat itu ada lebih dari 100 penerbangan pesawat jet dengan kapasitas masing-masing 150 orang," paparnya.

Jokowi Ingin Bandara Kulon Progo Beroperasi Maret 2020



Simak Video "Jokowi Yakin Bandara Baru Yogyakarta Rampung Pertengahan 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ush/hns)