Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 31 Jan 2020 22:00 WIB

Mulai 29 Maret Penerbangan di Adisutjipto Beralih ke Kulon Progo

Sayoto Ashwan - detikFinance
Presiden Jokowi keliling mengecek Bandara Internasional Yogyakarta Presiden Jokowi keliling mengecek Bandara Internasional Yogyakarta/Foto: Sayoto Ashwan/detikcom
Kulon Progo -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan penerbangan dari bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dipindah ke Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Yogyakarta. Pengalihan penerbangan itu berlangsung pada 29 Mare nanti.

"Pengalihan seluruhnya di akhir Maret, 29. Harapannya sudah semuanya geser," terang presiden disela meninjau progress pembangunan bandara YIA di Kabupaten Kulon Progo, Jumat (31/1/2020).

Dengan pemindahan ini, nantinya YIA akan menjadi pintu masuk bagi wisatawan. Pesawat berbadan besar sekelas airbus bisa mendarat, sementara di Adisutjipto untuk pesawat jenis ATR dan pesawat carter.

"Yang disisakan tinggal propeler, pesawat baling-baling," terang Jokowi.


Bandara Internasional Yogyakarta akan mampu penumpang hinhgga 20 juta orang per tahun. Sedangkan di Adisutjipto selama ini hanya 8,1 juta penumpang saja. Sehingga dengan adanya kelonggaran hingga 11 juta, diharapkan mampu menarik rute penerbangan baru. Termasuk penerbangan langsung internasional.

"Penerbangan baru bisa menyediakan slot-slot kepada peberbangan yang mmebawa turis sebanyak-banyaknya," tegas Jokowi.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi meninjau proyek pembangunan bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) di Kabupaten Kulon Progo didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnutama, dan juga Dirut PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Presiden meninjau proyek pembangunan di lantai III yang akan menjadi pintu masuk keberangkatan. Terminal ini akan dipakai untuk penerbangan domestik. Sedangkan di lantai II yang dipakai untuk operasional sejak bulan Mei lalu akan dipakai untuk penerbangan internasional.



Simak Video "Jokowi Yakin Bandara Baru Yogyakarta Rampung Pertengahan 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com