Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 01 Feb 2020 13:30 WIB

Terganjal Pembebasan Lahan, Proyek Kereta Cepat Tak Kunjung Kelar

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Pembangunan depo atau garasi Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) Jakarta-Bandung terus dikebut. Depo dibangun di area yang sebelumnya menjadi permukiman dan persawahan di Rancaekek, Kabupaten Bandung. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung masih berlanjut. Namun masalah lahan masih jadi hal utama yang belum selesai. Sejak November tahun lalu, masih ada 1% lahan yang belum selesai dibebaskan.

Kini proyek yang digarap bersama China masih terkendala 0,5% lahan. Menurut Dirut PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Chandra Dwiputra, bulan Februari ini pembebasan lahan sudah berhasil diselesaikan sepenuhnya.

"Pembebasan lahan tinggal sedikit makanya ini dikoordinasikan dengan pak Luhut, bisa di-support lah. Ini udah 99,95% ya pembebasannya, harapannya bulan Februari bisa selesai semua," kata Chandra usai rapat di kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Jumat (31/1/2020).

Chandra memaparkan pembebasan lahan terkendala sejumlah hal, di antaranya adalah status kepemilikan dan luas tanah yang mau dibebaskan berubah-ubah datanya. Kebanyakan masalah lahan masih terjadi di Bandung dan Cimahi.

"Banyak masalahnya. Macam-macam memang ada yang status kepemilikannya berubah. Ada yang dicek luasannya ternyata beda sama kita," ungkap Chandra.

Kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Selain Tegalluar, Proyek Kereta Cepat Masih Berjalan di Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com