Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 03 Feb 2020 22:00 WIB

Mundur! LRT Jabodebek Kelar Desember 2021

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Pekerja menyelesaikan proyek jalur kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) yang menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) di Kuningan, Jakarta, Selasa (10/12/2019). Pembangunan proyek moda Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek terus dikebut dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2021 Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Proyek pembangunan LRT Jabodebek terus berjalan. Namun, penyelesaian proyek ini nampaknya akan mundur dari target Juli 2021.

Bahkan, Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto mengatakan proyek ini harusnya selesai pada awal 2022 tapi diminta untuk dipercepat penyelesaiannya pada Desember 2021.

"Target sebelumnya April 2022. Jadi akan kita percepat sehingga Desember 2021 sudah selesai," kata Budi Harto usai rapat di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020).

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sendiri mengatakan mundurnya penyelesaian proyek LRT dikarenakan uji coba kereta yang cukup lama.

"Nggak mundur sih tetap 2021. Memang bisa jadi Desember. Karena test kendaraan itu kan nggak pakai sopir, nggak mau kita salah-salah," sebut Luhut.

Hingga kini konstruksinya sudah 70% secara keseluruhan. Paling jauh pengembangannya terdapat pada seksi Cibubur-Cawang.

"Total 70% konstruksinya, kalau kereta udah tiga dikirim. Paling jauh lintas Cibubur-Cawang sudah mau testing, di sana tinggal finishing stasiun, pekerjaan kecil-kecil. Secara mekanikal sudah selesai," ungkap Direktur Operasi Adhi Karya Pundjung Setya.

Sementara itu, untuk depo di Bekasi, kembali ke Budi Harto dia menjelaskan kini tinggal menyisakan 49 bidang tanah lagi yang mesti dibebaskan. Dia mengatakan pembebasan agar selesai pada akhir bulan ini.

"Depo masih ada lahan yang perlu dibebaskan. 49 bidang dan kita kira akan selesai akhir bulan ini," ungkap Budi.



Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com