Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Feb 2020 18:32 WIB

Kapan Kereta Cepat Jakarta-Semarang Dibangun?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Shinkansen menjadi salah satu produk teknologi dalam bidang transportasi yang paling populer di dunia. Intip megahnya kereta peluru kebanggaan Negeri Sakura ini! Ilustrasi/Foto: Eduardo Hasian Simorangkir
Jakarta -

Pemerintah akan membangun kereta berkecepatan tinggi yang menghubungkan Jakarta hingga Semarang. Proyek ini merupakan bagian dari mega proyek kereta kencang Jakarta-Surabaya.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zukfikri mengatakan proyek ini sudah masuk ke dalam RPJMN 2020-2024. Hingga kini menurut Zukfikri proyek yang bekerja sama dengan Jepang ini masih dalam tahapan feasibility study (FS) alias studi kelayakan.

Zukfikri menyebut bahwa kajian FS akan selesai di akhir tahun ini. Meski begitu di bulan Mei pihak Jepang disebut akan melaporkan hasil kajian sementara.

"Proyek ini merupakan bagian dari pengembangan kereta jalur lintas utara Jakarta-Surabaya. Ini lagi dilakukan FS sama Jepang. Tahun 2020 ini akan selesai, tapi ini sih kesepakatannya Mei ini udah ada hasil interim FS-nya dari JICA," ungkap Zulfikri ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Zulfikri mengatakan memang sulit untuk menyelesaikan proyek Jakarta-Surabaya selama lima tahun. Untuk itu dalam RPJMN dia mengatakan pemerintah menargetkan proyek ini bisa selesai sampai Semarang.

"Itu hanya bagian dari Jakarta-Surabaya aja. Karena kan diperkirakan lima tahun ini sampai Semarang aja itu kan masuk ke major project di RPJMN 2020-2024. Nah ini kan Jakarta Surabaya 700 km jauh itu maka kita staging lho lima tahun ini. Bisa aja kita cuma bangun sampai Cirebon aja," kata Zukfikri.

Dia menjelaskan proyek ini akan menambahkan satu jalur rel kereta api di lintasan Jakarta ke Surabaya. Rel tersebut akan dibuat sesuai spesifikasi kecepatan kereta yang bisa menembus 160 km/jam.

"Jadi yang 90 km/jam ini mau dinaikkan 160 km/jam. Ini kan sudah ada double track dari Jakarta ke Surabaya. Nah cuma itu relnya nggak bisa paling 120 km per jam aja. Makanya konsepnya itu dibuat trek baru dengan spesifikasi baru. Jadi tambah satu trek, bisa buat 160 km/jam," ungkap Zulfikri.

Setidaknya ada dua proyek kereta api berkecepatan tinggi di Pulau Jawa yang akan dibangun dalam RPJMN 2020-2024. KA kecepatan tinggi di Pulau Jawa tersebut mencakup jalur Jakarta-Semarang dan Jakarta-Bandung.

Untuk dua proyek tersebut, biaya pembangunannya mencapai Rp 100 triliun. Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Rp 58 triliun dan Badan usaha Rp 42 triliun. Untuk jalur Jakarta-Bandung, diproyeksi bisa memangkas perjalanan dari 3 jam menjadi 40 menit.

Namun menurut Zulfikri, hingga kini kemungkinan dana untuk proyek Jakarta-Surabaya mencapai Rp 70 triliun, berdasarkan dari hasil pra-FS. Untuk skema pembiayaannya akan diputuskan lewat FS.

"Dulu memang waktu pra-FS ini biayanya Rp 70 triliun. Soal loan atau gimananya nanti diputuskan setelah FS selesai," katanya.

Kapan Kereta Cepat Jakarta-Semarang Dibangun?


Simak Video "Selain Tegalluar, Proyek Kereta Cepat Masih Berjalan di Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com