Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 07 Feb 2020 17:13 WIB

Jokowi Resmikan TPA Sampah Antibau di Kalsel

Danang Sugianto - detikFinance
TPA Banjarbakula Foto: TPA Banjarbakula (Danang Sugianto/detikcom)
Banjarmasin -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan kunjungan ke Kalimantan Selatan untuk melakukan serangkaian kegiatan. Untuk kegiatan pertama, Jokowi meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah regional Banjarbakula.

TPA sampah yang berada di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan ini mampu melayani 790 ton per hari yang dihasilkan oleh 2,6 juta jiwa di lima kabupaten/kota di Kawasan Metropolitan Banjarbakula.

"Dengan mengucap bismillah saya resmikan hari ini TPA Banjarbakula," kata Jokowi sambil menekan sirine di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (7/2/2020).

Pada sambutannya Jokowi menerangkan TPA sampah regional Banjarbakula sendiri mulai dibangun sejak 12 Mei 2017 dan telah rampung pengerjaan pada 30 November 2018 dengan anggaran sebesar Rp 149 miliar dalam bentuk kontrak tahun jamak (multiyears contract) 2017-2018.

Jokowi Resmikan TPA Sampah Antibau di KalselFoto: TPA Banjarbakula (Danang Sugianto/detikcom)


TPA ini dilengkapi 4 sel landfill dengan luas total 15 ha. Pembangunan terdiri dari bangunan unit pengolah lindi, bangunan cuci kendaraan, bangunan garasi,pembangunan jalan operasi, bangunan jembatan timbang, pengadaan aliran listrik PLN, kantor dan pos jaga, pekerjaan bangunan gerbang, pagar keliling dan tapping air bersih.

Penggunaan sistem sanitary landfill pada TPA ini bertujuan untuk membuat kawasan di sekitar tidak tercemar dan terpapar bau dari timbunan sampah. Adapun cara kerja sistem sanitary landfill ini sampah yang masuk adalah sampah sisa atau 30% dari sampah awal yang telah dipilah dan dipilih.

Sampah kemudian dilapis tanah. Berbeda dengan sistem open dumping, sampah hanya dibuang begitu saja tidak diproses lebih lanjut.

"Ini bagus sekali dan air sampahnya bagus sekali, tidak mengandung zat kimia," terangnya.

Untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan sampah, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya juga memberikan hibah alat berat kepada pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berupa 1 unit excavator dan 1 unit loader

TPA Sampah Banjarbakula juga dilengkapi dengan area pencucian armada unit truck agar membuat lingkungan di sekitar menjadi lebih bersih. Truck yang keluar dari TPA ini sudah dalam kondisi bersih lagi, karena ketika mereka keluar akan dicuci truknya.

Jokowi Resmikan TPA Sampah Antibau di Kalsel


Simak Video "Jokowi Sebut TPA Manggar Balikpapan Terbaik di RI dan Tak Bau"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com