Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Feb 2020 18:11 WIB

Penerbangan Via Bandara Halim Bakal Dikurangi, Kenapa?

Soraya Novika - detikFinance
Bandara Halim Perdanakusuma Bandara Halim Perdanakusuma/Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Tangerang -

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II berencana mengurangi penerbangan via Bandara Halim Perdanakusuma. Kebijakan ini targetnya berlaku Maret 2020.

"Belum formal, tapi nanti akan (dikurangi), paling cepet Maret (2020), awal dari summer season lah pokoknya, kan dia harus per-season gitu," ujar Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (10/2/2020).

Kebijakan pengurangan traffic penerbangan tersebut diambil lantaran semakin padatnya penerbangan di Bandara tersebut. Untuk itu, ke depan, penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Kita memang melihat kepadatan Halim sudah cukup tinggi, terus kepadatan Halim harus diimbangi dengan Safety, Security dan Services nya. Jangan sampai kemudian banyak faktor yang diharapkan maskapai dan penumpang itu tidak terpenuhi. Contoh misalkan kejadian kemarin runway kerendam otomatis berdampak ke penerbangan, risiko itu cukup tinggi terjadi," paparnya.


Meski demikian, pengurangan traffic penerbangan di bandara tersebut tidak akan terlalu besar dari biasanya.

"Jadi kita memang mau mengurangi frekuensi penerbangan di Halim, tapi itu kecil saja, paling cuma 6 penerbangan per hari dari 12 take off-landing per hari," katanya.

Pengurangan traffic penerbangan itu pun hanya berlaku untuk maskapai Batik Air dan Citilink saja.

"Hanya untuk Batik Air dan Citilink saja, karena kan memang mereka yang dominan selama ini di Halim, jadi total pengurangan paling 12 penerbangan per hari dari total 160 penerbangan per hari," pungkasnya.



Simak Video "Dirut AP II Ngaku Tak Tahu Ada Kerja Sama PT Inti dan Perusahaannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com