Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Feb 2020 22:30 WIB

Jokowi Target Pembangunan Terminal 4 Soetta Rampung 2022, Bisa?

Soraya Novika - detikFinance
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta siap melayani penerbangan internasional. Rencananya, pengoperasiannya dimulai pada 1 Mei 2017. Bandara Soekarno Hatta (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta wajib selesai pada akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023.

Akan tetapi, sampai sejauh ini, pembangunan terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) baru pada tahap persiapan desain.

"Kita baru mempersiapkan desainnya saja, itu butuh waktunya lumayan panjang, mudah-mudahan akhir tahun ini ya selesai," ujar Vice President Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano kepada detikcom, Senin (10/2/2020).

Yadi menjelaskan lamanya pengerjaan desain sendiri karena banyaknya persiapan yang harus dilalui mencakup desain perencanaan teknis, struktur pembiayaan/financing dan desain penataan keseluruhan operasional.

"Ada conceptual design, basic design, lalu ada juga detail engineering design," sambungnya.

Untuk itu, dimungkinkan pembangunan secara fisik baru bisa dimulai pada 2021 mendatang.

Dengan demikian, pihak Angkasa Pura II optimistis sanggup menyelesaikan pembangunan sesuai dengan yang sudah ditargetkan oleh Presiden Jokowi.

"Ditargetnya kan seperti itu, dan kalau melihat time-frame nya sendiri, pembangunan itu butuh kurang lebih 2 tahun, sepertinya bisa ya akhir 2020," ungkapnya.

Untuk diketahui, perumusan desain terminal 4 dilakukan oleh PT Angkasa Pura sendiri bersama KSO Karya Bersama Nusantara, yang terdiri dari PT Bina Karya, Yooshin Engineering Corporation, PT LAPI Divusi.

Perumusan desain Terminal 4 juga mengakomodir masukan dari berbagai stakeholder seperti misalnya regulator, maskapai, dan pihak pendukung operasional bandara lainnya melalui sejumlah kegiatan misalnya focus group discussion (FGD).

Pembangunan terminal 4 sendiri akan mengarah ke advanced technology dengan konsep smart environment, smart mobility dan smart security.

Ditargetkan, terminal ini nantinya mampu menampung hingga 40 juta penumpang setiap tahunnya.

"Estimasinya kurang lebih nanti sekitar 40 juta penumpang, tapi itu masih estimasi awal, setelah persiapan desain nanti selesai baru akan ada angka yang lebih jelasnya lagi," pungkasnya.



Simak Video "Jokowi Resmikan 3 Landas Pacu Bandara Soeta, AirNav Siap Operasikan Ketiganya"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com