Rel Ganda Kroya-Kutoarjo Bakal Beroperasi saat Lebaran

Arbi Anugrah - detikFinance
Sabtu, 15 Feb 2020 18:01 WIB
Stasiun Kutoarjo, Selasa (12/12/2017).
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purwokerto -

Saat arus mudik lebaran nanti, PT KAI (Persero) berharap jalur Kereta Api (KA) rel ganda yang menghubungkan Kroya-Kutoarjo dapat beroperasi. Hal tersebut diharapkan dapat menambah okupansi.

"Kita harapkan mudah-mudahan itu malah bisa menambah okupansi atau penumpang," kata Dirut PT KAI, Edi Sukmoro usai peresmian Loko Coffee Shop di Purwokerto, Sabtu (15/2/2020).

Menurut dia, pihaknya akan segera melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi arus mudik dan balik lebaran. Diantaranya penjualan tiket untuk Lebaran yang telah dibuka mulai Jumat (14/2), serta melakukan inspeksi jalur Utara dan Selatan.

"Pasti kita akan melakukan persiapan, karena ini pekerjaan rutin untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Nanti direksi akan melakukan inspeksi baik jalur Utara maupun selatan. Perjalanan inspeksi nantinya sekaligus meyakinkan bahwa masing masing stasiun antara siap menerima arus dari operasi lebaran," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia pada arus mudik dan balik mendatang, pihaknya akan menambah kapasitas tempat duduk sebanyak 2 persen. Sedangkan kenaikan jumlah penumpang diperkirakan naik antara 4 persen hingga 5 persen seperti tahun sebelumnya.

Berdasarkan data PT KAI, jumlah penumpang yang terangkut pada tahun 2018 sebanyak 425 juta. Sedangkan pada tahun 2019 penumpang yang terangkut naik menjadi 432 orang.

"Kalau bicara tempat duduk, ketersediaan kami tambah 2 persen, tapi total penumpang bisa lebih dari itu, karena penumpang KA dinamis. Misal dari Jakarta ke Surabaya, ada yang turun di Semarang, ada penumpang naik lagi, jadi satu seat bisa (digunakan) dua orang," ucapnya.

Rel Ganda Kroya-Kutoarjo Bakal Beroperasi saat Lebaran


Simak Video "Mau Naik KA Luar Biasa? Ini Tahapan Sebelum Beli Tiket"
[Gambas:Video 20detik]
(arb/fdl)